Disragen, Pemkab Launching e-UJI Retribusi Kendaraan Bermotor


Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Suowati saat melaunching BLUe di Kantor Dinas Perhubungan Sragen.

 

 

FOKUSLINTAS.com — Pemkab Sragen melaunching Penerapan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) dan e-UJI Retribusi Kendaraan Bermotor. Mulai Januari tahun ini, uji berkala kendaraan bermotor dilaksanakan dengan Tanda Buku Lulus Uji elektronik (BLUe) untuk mengurangi fraud atau kecurangan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

“Saya berterima kasih UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Sragen. Poin saya yang terpenting adalah tidak ada lagi pungutan liar,” ujar Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, baru-baru ini.

Uji lulus kendaraan yang biasa disebut kir ini akan berganti dengan barcode yang lebih memudahkan petugas maupun pengendara dimana sebelumnya menggunakan buku.

“Prinsipnya uji elektronik itu berganti dari yang dulu wujudnya buku berganti menjadi kartu. Kalau kendaraan uji kir di sini pasti mendapatkan yang baru jadi mereka otomatis mendapatkan yang baru,” kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Sragen, Suwandi.

Setelah terbitnya Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SE.1/AJ.502/DRJD/2019 tentang Perubahan Penggunaan Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor berupa Buku Uji, Tanda Uji, dan Tanda Samping Kendaraan Bermotor menjadi Kartu Uji dan Tanda Uji pada 16 Januari 2019 lalu, maka resmi per Januari 2020 ini mulai diterapkan ketentuan tersebut dengan hadirnya Tanda Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe). (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *