Inilah 4 Fakta Bank Dunia yang Jarang Diketahui, Kantornya di Indonesia Terbesar di Dunia

Pemberi utang terbanyak ke Indonesia ya Bank Dunia ini~

FOKUSLINTAS.com – Meski tidak ada libur nasional, hari ini (1 April) diperingati sebagai Hari Bank Dunia. Bank Dunia atau World Bank ini merupakan sebuah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal. Bank Dunia ini dirikan pada 1 Juli 1944 setelah adanya ratifikasi perjanjian di konferensi Bretton Woods.

Markas pusatnya ada di Washington, Amerika Serikat (AS).Adanya Bank Dunia ini sangat membantu negara berkembang mendapatkan pinjaman uang untuk mengentaskan kemiskinan dan juga berkembang lebih maju. Selain itu, Bank Dunia juga memberi rekomendasi rencana pembangunan atau perekonomian. Nah, di perayaan Hari Bank Dunia ini, akan memberikan beberapa fakta yang jarang diketahui seputar Bank Dunia.

Pimpinan Bank Dunia sekarang adalah mantan penasehat Donald Trump:

Sebelumnya, Bank Dunia dipimpin oleh Jim Yong Kim, seorang dokter dan antropolog Korea-Amerika, ia menjabat sebagai Presiden Bank Dunia ke-12 pada Juli 2012. Setelah 6 tahun menduduki kursi presiden, ia resmi mengundurkan diri pada 1 Februari 2019 lalu. Selanjutnya, sekarang, posisi presiden Bank Dunia dipegang oleh David Malpass.

David Malpass [sumber gambar]

David sendiri sebelumnya punya posisi yang tak kalah penting, yaitu sebagai penasihat Donald Trump selama masa-masa kampanye pemilu 2016. David juga sempat menjabat sebagai kepala ekonom di bank investasi Bear Stearns and Co sebelum perusahaan itu jatuh pada 2008.

 

Harus tergabung dalam IMF sebelum menjadi anggota Bank Dunia:
Mungkin selama ini banyak yang berpikir bahwa Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia itu adalah dua organisasi yang sama, yakan? Nyatanya, mereka berbeda. Saat sebuah negara ingin mendaftar sebagai anggota Bank Dunia, maka ia harus tergabung dalam IMF terlebih dahulu.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde [sumber gambar]

IMF dan Bank dunia memang sama-sama bisa memberikan pinjaman, hanya saja, IMF hanya berlaku untuk pinjaman jangka pendek, sementara Bank Dunia berlaku dalam waktu yang panjang. Sebagai tambahan, IMF lebih fokus kepada memperhatikan kinerja ekonomi makro dan sektor keuangan negara yang bersangkutan.

 

Kantor Bank Dunia terbesar setelah pusat ada di Indonesia:
Pernah tau kantor Bank Dunia di Indonesia? Itu loh yang ada di Jl. Jenderal Sudirman, lokasinya ada di Gedung BEI Tower 2 lantai 12. Kantor Bank Dunia ini merupakan kantor yang terbesar setelah kantor pusatnya di Washington.

Bangunan kantor bank dunia [sumber gambar]

Saat mantan presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim datang ke Jakarta pun ia mengatakan kalau Indonesia adalah klien terbesar mereka setelah India dan Cina. Iya, itu terjadi karena memang Bank Dunia meminjamkan negara kita banyak uang, hehe.

 

Bank Dunia adalah organisasi yang memberikan pinjaman paling besar ke Indonesia

Indonesia selalu saja membangun infrastruktur untuk dinikmati oleh rakyat, tapi siapa yang memberikan uang pinjaman kepada kita? Jawabannya adalah Bank Dunia. Yap, melansir dari Liputan6.com, per akhir Agustus 2019 tercatat posisi utang pemerintah mencapai angka Rp 4.680,19 triliun.

Presiden Jokowi dan mantan Presiden BD [sumber gambar]

Hal ini belum lagi ditambah dengan pinjaman selama masa wabah corona yang mencapai ratusan triliun lagi. Namun, bersadarkan pengakuan para pejabat Bank Dunia, level utang tersebut masih tergolong wajar.

Nah, Dalam susunan direksi organisasinya, ada 26 orang yang menjadi Wakil Presiden Bank Dunia ini, mereka berasal dari berbagai negara dan punya tugas masing-masing. Hubungan Bank Dunia juga sangat dekat dengan Indonesia. Selain kantornya memang ada di Jakarta, tercatat ada nama sosok yang pernah menjadi pejabat penting di sana, seperti Sri Mulyani dan juga Mari Elka Pangestu. (Bgs-Tim)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *