FOKUSLINTAS.com – Belum adanya kejelasan soal kapan berakhirnya wabah Covid-19 membuat beberapa ibadah di bulan ramadan mengalami perubahan. Jika sebelumnya dilaksanakan secara berjamaah di masjid, pemerintah kini mengimbau agar kegiatan ibadah dilakukan di rumah seperti salat tarawih misalnya.Tak hanya tarawih, salat Idul Fitri (Ied) juga bisa dilakukan sendiri di rumah bersama keluarga menurut Ustadz DR Abdul Somad Lc MA (UAS) beberapa waktu lalu. Meski demikian, ada tata cara tersendiri agar ibadah tersebut sah dilakukan meski tidak beramai-ramai seperti biasanya. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Dilaksanakan secara berjamaah dengan jumlah minimal empat orang

Ilustrasi salat Ied di rumah [sumber gambar]

Meski dilaksanakan di rumah, salat Idul Fitri tetap dilakukan secara berjamaah meski jumlahnya tak sebanyak di masjid maupun lapangan. Menurut Ustaz Abdul Somad, sebanyak empat orang dengan satu imam dan tiga makmum sudah bisa melaksanakan salat Ied. Jumlah tersebut dikatakan merupakan batas minimal.

Waktu pelaksanaan salat Idul Fitri di rumah dan tata caranya

Ilustrasi tata cara salat Ied di rumah [sumber gambar]

Pelaksanaan salat Idul Fitri biasa dilakukan pada pagi hari, yakni pada saat terbit matahari dan biasanya dimulai pada pukul 6. Pada rakaat pertama, imam membaca takbir sebanyak 7 kali dan kemudian dilanjutkan bacaan Al-Fatihah dan surah seperti umumnya salat. Pada rakaat kedua, takbir dibaca 5 kali dan setelahnya membaca Al-Fatihah dan surah yang dipilih hingga tahiyyat lalu salam. Imam kemudian berdiri untuk memberikan khotbah.

Khutbah yang bisa dilakukan seperti salat Jum’at

Ilustrasi khutbah sehabis salat [sumber gambar]

Menurut Ustaz Abdul Somad, khutbah salat Ied sama seperti salat Jum’at, yakni Berdiri, takbir, Alhamdulillah, shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, ayat Alqur’an, wasiat takwa, dan duduk sebentar. Bedanya, jika salat Jum’at khutbah terlebih dahulu baru beribadah, salat Ied adalah kebalikannya, yakni ibadah terlebih dahulu baru kemudian berkhutbah.

Bolehnya salat Ied di rumah menurut Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad saat membawakan ceramah [sumber gambar]

Menurut Ustaz Abdul Somad, pelaksanaan salat Ied bisa dilaksanakan di rumah dan bahkan dilakukan seorang diri saja. Hal ini diambilnya dari penjelasan Imam al-Muzani yang merupakan murid Imam Syafii dalam ringkasan kitab Al Umm. Mereka yang tidak bisa mudik dan sendirian di kos-kosan maupun rumah, tetap bisa melaksanakan salat Ied. “Jangan sedih. Salat sendiri di rumah,” ucap Ustaz Abdul Somad.

Imbauan dari lembaga agama agar melaksanakan salat Ied di rumah

Imbauan agar umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri di rumah, juga dikeluarkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) lewat sebuah edaran bernomor 3953/C.I.034.04.3030 tanggal 3 April 2020. Berbeda dengan PBNU, PP Muhammadiyah memutuskan telah meniadakan salat Idul Fitri lewat edaran resmi yang bertanggal 24 Maret 2020.

Meski masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, tidak ada alasan untuk tak melaksanakan ibadah yang biasa dilakukan di bulan Ramadan. Salah satunya adalah salat Idul Fitri yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah. (Bmb)