OPINI: Sosok Sabdo Palon dan Noyo Genggong Dalam Kitab Darmo Gandul

Foto : (ist)

 

 

FOKUSLINTAS.com – Sabdo palon dan Noyo genggong, sosok yang di keramatkan oleh masyarakat jawa dalam kitab Darmo Gandul, yang mengartikan dari nama SABDO= Pangucap/ilmu yang berupa Nasehat, PALON= Mahluk astral utusan alam yang turun ke bumi.

Sebagai pamomong trah Raja tanah jawa (Danyang tanah jawa) Sabdo palon Noyo genggong terkenal juga di yakini lewat karya dan serat pujangga R Ng Ronggo Warsito dengan “Jongko Joyo Boyo” dalam tulisannya: Sabdo Palon Noyogenggong Mukswa (mati hilang beserta raganya) dan akan kembali ke bumi tepat 2020.

Alkisah: Pada waktu itu Sabdo Palon angkat bicara kepada prabu Brawijaya di karenakan sang Raja beralih masuk ke kepercayaan lain, juga termasuk semua punggawa-punggawa kerajaan.

Sabdo Palon mengucapkan sumpah, bahwa nanti 500 tahun yang akan datang, Sabdo palon dan Noyo genggong akan kembali ke Tanah Jawa untuk menagih janji, yaitu tentang kepercayaan kejawen yang waktu itu sebagai landasan jiwa bagi orang orang kejawen dan bisa memiliki toto kromo yang adi luhung, budaya yang penuh sopan santun, serta ber budi luhur.

Disisi lain, Sabdo palon juga dikenal memiliki ilmu kawaskitan untuk mengetahui apa yg akan terjadi di kemudian hari. Sosoknya mengkhawatirkan apabila kepercayaan kejawen yang adi luhung akan terporak porandakan dengan masuknya kepercayaan lain.

Dan dalam tulisannya: Sabdo palon akan kembali di Tanah jawa dengan di tandai dengan adanya goro-goro, wabah, bencana di seluruh jagad raya.

Untuk itu monggo eling lan waspodo, mawas diri lan sampun wancinipun. Monggo nguri-uri budoyo jawi ingkang ageng utawi kebak ing toto kromo ugi budhi ingkang Luhur..mekaten..
Rahayu rahayu kalis nir sambi kolo…

 

(Eyang Prapto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *