OPINI: Tentang Kelebihan Jurnalis di Banding Profesi Lain

Foto : Memet (fokuslintas.com)

FOKUSLINTAS.com – Pekerjaan apa yang membuat hidup menjadi lebih bermakna dan memiliki banyak pengalaman..?? Jurnalis jawabannya….!!

Tidak mudah untuk menjadi seorang wartawan juga jurnalis yang tangguh dan perlu kekuatan fisik dan mental yang kuat.

Namun, ingat.. semua itu akan terbayar dengan berbagai kelebihan yang dimiliki jurnalis, tidak bisa diukur dengan materi apapun nilainya.

Kelebihan lain, kita bisa berpetualang, orang yang suka travelling sepertinya harus mempertimbangkan karir di bidang jurnalisme. Wartawan sering jalan-jalan atau berkeliling untuk mendapatkan berita. Kita juga bisa memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat yang mungkin tidak pernah didatangi sebelumnya.

Jurnalisme adalah bidang yang sangat beragam, di mana melakoni berbagai bidang. Misalnya kita awalnya adalah wartawan ekonomi, kemudian dipindah ke pos berita olahraga, kesehatan, politik atau gaya hidup. Tentu keragaman ini memperkaya hidup.

Jika kita bosan dalam pekerjaan yang itu-itu saja dan tidak berkembang, jurnalis adalah karir yang tepat.

Setiap pos berita memiliki tantangan dan kelebihan sendiri, sehingga wartawan harus terus beradaptasi dengan kondisi yang disajikan pada setiap waktu yang berbeda. Demikian juga, wartawan harus mandiri dan karena itu mereka menikmati banyak kebebasan dalam kegiatan sehari-hari.

Hal lain, kita bisa bertemu orang penting. Tidak semua pekerjaan membuat kita bisa bertemu presiden, artis, musisi atau tokoh penting lainnya. Namun, jika kita menjadi seorang jurnalis, segalanya menjadi mungkin.

Kita juga bisa mewawancarai sejumlah tokoh penting dengan leluasa karena kita punya akses sebagai wartawan. Kita juga bisa datang ke berbagai seminar besar, konser musik dengan gratis karena profesi kita untuk meliput dan menulis berita.

Selain itu, kita juga harus mampu memberi wawasan pada masyarakat, seorang jurnalis wajib menyampaikan indivasi kepada masyarakat umum dengan cara tersendiri dan tidak ditemukan dalam profesi lainnya.

Wartawan tidak hanya menyebarkan indivasi, harus juga mengungkap indivasi dan melakukan penelitian yang membawa fakta baru. Sebuah karya jurnalis yang baik dapat bermanfaat bagi kepentingan umum dan kita tentunya berjasa menyebarkan fakta dan pengetahuan pada khalayak luas.

Jurnalis juga mencetak menjadi pribadi yang tangguh, pekerjaan ini tampak berat dan penuh risiko. Sehingga tidak semua fresh graduate mau bekerja di bidang ini.

Jurnalis dituntut untuk membongkar fakta dan mencari kebenaran. Mereka harus berpetualang sampai menemukan fakta. Belum lagi tekanan deadline yang mengejar para jurnalis setiap harinya.

Jurnalis harus siap liputan kapan pun dan di mana pun ketika dibutuhkan. Entah itu pagi, siang sampai malam hari. Pekerjaan ini memang keras, tapi membuat kita tidak cengeng dan menjadi pribadi yang tangguh.

Setelah mengetahui kelebihan profesi ini, apakah Anda tertarik menjadi jurnalis?

 

SALAM REDAKSI

(MBAH MEMET)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *