Tambah Naik Lagi, Utang Pemerintah Kini Sentuh Rp5.258 Triliun

Foto/Source : (Ist)

FOKUSLINTAS.com – Kementerian Keuangan merilis data kondisi fiskal 2020. Data yang dirilis lewat APBN Kita tersebut mencatat posisi utang pemerintah per akhir Mei 2020 mencapai Rp5.258,57 triliun dan rasio utang pemerintah terhadap PDB 32,09%.

Jumlah utang pemerintah tersebut meningkat dibanding posisi April lalu yang mencapai Rp5.172,48 triliun atau 31,78% dari PDB.

“Peningkatan posisi utang pemerintah pusat disebabkan oleh peningkatan kebutuhan pembiayaan akibat pandemi Covid-19 yang melonjak drastis.

Masalah kesehatan, penyediaan jaring pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi nasional menjadi prioritas negara sehingga untuk mendukung kebijakan penanganan pandemi, pemerintah menutupi kekurangan penerimaan negara melalui pembiayaan,” seperti dikutip dalam rilis data APBN Kita, Rabu (17/6/2020).

Pemerintah tetap berupaya mengelola utang dengan pruden dan akuntabel demi mendukung APBN yang kredibel, utamanya di tengah kejadian extraordinary Covid-19 yang memerlukan extraordinary effort.(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *