Hindari Kerumunan Pengambilan KTP, Disdukcapil Gandeng Kantor Pos


Perekaman e-KTP di kantor Disdukcapil Karanganyar. (Foto:tim)

 

FOKUSLINTAS.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar bekerjasama dengan PT Pos (Persero) dalam pengiriman keping e-KTP. Cara ini untuk mencegah kerumunan pengambilannya di kantor dinas.

“Dalam pengambilannya ada pilihan. Mau dikirim via pos atau mengambil sendiri di kantor dinas. Ternyata banyak yang menggunakan fasilitas pos. Jadi, petugas pos selain mengirim e-KTP juga mengambil KTP lama pemohon,” kata Kepala Disdukcapil Karanganyar Any Indrihastuti kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (26/6).

Pengembalian berkas via pos oleh pemohon KTP dibutuhkan dinas terkait dalam memenuhi administrasi. Seluruh biaya pos dibebankan ke pemohon. Sedangkan dokumen adminduk tidak dikenakan biaya sepeser pun.

Sejak diberlakukan layanan pos pada Maret lalu, kerumunan di kantornya berangsur longgar. Penerapan pembatasan sosial dan fisik juga diterapkan selama melayani. Seperti screening suhu tubuh di pintu masuk dan cuci tangan pakai sabun dan layanan non kontak fisik. Para petugas juga mengenakan alat pelindung diri.

Sementara itu jumlah wajib KTP di Kabupaten Karanganyar per Jumat (26/6) sebanyak 703.919 orang. Any menyebut material kartu mencukupi pencetakannya. Tiap hari, kantor dinas melayani sampai 80 pemohon. Any menyebut layanan adminduk cukup ramai usai lebaran hingga mencapai 125 pemohon tiap hari. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *