Problema PPDB Online, Disdukcapil Himbau Terkait Bantuan dan Solusi


Area pelayanan Kantor Disdukcapil Karanganyar | Tim

 

FOKUSLINTAS.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar mempersilakan pendaftar PPDB SMA/SMK berkonsultasi terkait problem pendaftaran online. Di antaranya kesulitan mendaftar di aplikasi online bisa karena pendaftar kurang paham menggunakannya hingga kuota akses yang dibatasi.

“Arahan dari Pemprov selaku pemegang tata kelola SMA/SMK, pendaftar yang kesulitan akses online PPDB dipersilakan ke Disdukcapil kabupaten/kota masing-masing. Pendaftar mengeluh NIK tak terbaca di sistem. Sesudah kami bimbing, ternyata bisa masuk. Kami mengimbau bagi yang bermasalah seperti itu supaya konsolidasi data ke kantor kami,” kata Kepala Disdukcapil Karanganyar Any Indrihastuti kepada wartawan di kantornya, Kamis (25/6).

Ia siap memandu pendaftar yang kesulitan mengakses aplikasi berbasis data kependudukan untuk mendaftar SMA/SMK secara online.Ia mendapati kasus NIK tak terbaca di sistem PPDB online. Padahal di data base Disdukcapil Karanganyar dan Pemprov Jateng, NIK itu tercatat dan tak bermasalah. Pihaknya tak bisa berbuat banyak jika akses ke aplikasi PPDB online masih berkendala.

“Kami terbatas meneliti keabsahan data dan NIK saja,” katanya. Ia menyebut beberapa orangtua calon siswa berkonsultasi mengenai hal itu di kantornya. Di hari pertama PPDB online SMA/SMK dibuka Rabu (17/6) lalu, pendaftar sulit mengakses aplikasi. Any mengatakan kuota akses harian memang dibatasi.

Dalam konsultasi itu, Disdukcapil juga mendapati pendaftar ternyata tidak memahami cara mengakses aplikasi. Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Karanganyar, Gunawan mengatakan bakal menyisir warga yang gagal mendaftar online PPDB SMA/SMK.

“Kami tidak tahu masalahnya jika masyarakat tidak datang ke sini untuk berkonsultasi permasalahan PPDB. Namun tetap akan disisir,” katanya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *