OPINI: Orang Media Itu Wajib Belajar dan Menulis, Bukan Cuma Mengkritis

Jurnalis Itu Menulis Bukan Cuma Pengkritis. Foto: dok (fokuslintas.com)

 

FOKUSLINTAS.com – Salah satu pekerjaan paling menantang adalah media, apalagi khususnya sosok jurnalis. Profesi ini sangat tangguh karena membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Menjadi seorang jurnalis itu sangat menyenangkan, apalagi jika usia masih muda.

Jadi, orang media apalagi mengaku wartawan yang sejati itu mau belajar dan menulis, kalau hanya pengkritis, ngoceh sana ngoceh sini… “ANAK TK” pun bisa..??

Pada dasarnya sosok orang media itu dianjurkan kreatif, idealisme, punya jiwa penggagas dan berkarya, inilah yang disebut Jurnalis sejati atau background orang media yang sebenarnya.

Orang media harus tepat pada kritis, peka terhadap situasi dan kondisi di lingkungan dimanapun kita berada. Misal melihat jalanan berlubang yang bisa membahayakan pengendara, langsung action di foto, buat tulisan beritanya kaitkan dengan anggaran di pemerintah, resikonya dan sebagainya.

Alasan-alasan inilah yang membuktikan hal tersebut, dan berikut manfaat juga kiat sosok media yang berjiwa jurnalis.

“Kita akan berpetualang ke tempat yang baru dengan gratis”

Anak muda sekarang pada umumnya suka travelling. Nah.. melalui profesi sebagai media apalagi jurnalis, kita akan berkesempatan untuk berpetualang ke tempat-tempat baru sebagai tugas untuk liputan berita. Selain itu, keuntungan terbesarnya adalah biaya gratis.

“Tidak heran lagi jika kita bertemu dengan orang-orang penting”

Terkadang bertemu dengan orang-orang penting di Indonesia dalam bidang apapun akan menjadi motivasi diri untuk lebih maju seperti mereka.

Inilah yang akan kita dapatkan jika berprofesi sebagai jurnalis, kita akan bertemu orang-orang penting saat tugas di lapangan. Sungguh menyenangkan lho…

“Bekerja bukanlah hal yang membosankan”

Stres dan jenuh adalah penyakit yang selalu dialami oleh pekerja. Namun jika kita berprofesi sebagai media atau jurnalis, maka kita akan paham bahwa bekerja tidaklah membosankan.

Karena kita tidak hanya bekerja dengan duduk di kantor, melainkan melihat sesuatu yang baru di lapangan. Hari-harimu akan penuh warna.

“Wawasan dijamin sangat luas”

Hal yang sangat menyenangkan menjadi seorang jurnalis adalah tidak hanya mendapatkan upah saat bekerja, melainkan mengembangkan wawasan.

Buktinya jika kita bekerja dalam bidang ekonomi sebagai reporter, penulis ataupun Cameramen, maka hari berikutnya kita berkesempatan bekerja di bidang lain seperti politik ataupun olahraga.

“Berperan sebagai media untuk menambah wawasan masyarakat”

Tidak hanya menambah wawasan saja, kita juga berperan sebagai media untuk menambah wawasan pada masyarakat. Hal ini dibuktikan karena profesi selalu menjadi orang pertama dalam menyebarkan fakta untuk kepentingan publik.

“Mencetak sebuah karya semasa hidup”

Apakah arti seseorang hidup jika ia tidak memiliki karya? Melalui profesi sebagai orang media sampai jurnalis, kita akan membuat tulisan berupa laporan tentang berita yang kita liput. Ini akan menjadi karya yang mengukir nama kita.

Karya tulis merupakan karya terbesar juga dalam sejarah kehidupan, so berbahagialah kita yang berprofesi sebagai sosok media yang kreatif apalagi jurnalis.

“Paham seluk-beluk birokrasi perpolitikan”

Nah ini nih salah satu keahlian jurnalis yang jarang dimiliki oleh profesi lainnya selain politikus, yaitu memahami birokrasi perpolitikan di Indonesia. Dengan tanda pengenal pers, kita mudah untuk keluar masuk kantor DPR ataupun kementrian-kementrian.

“Ikutan kritis dalam mengambil keputusan”

Menjadi orang media menuntut kita untuk tahu semua fakta sebelum berita itu ditulis. Karena dengan tahu fakta-fakta tersebut sebelum masyarakat luas, otomatis kita menjadi lebih kritis dalam mengambil keputusan.

Kita tidak sekadar meng-judge kehidupan A ataupun B. Namun kita melihat alasan dibelakangnya dan baru mengambil tindakan yang benar.

“Makan enak merupakan rutinitas”

Wah ini juga sungguh menyenangkan. Tidak hanya mengasah mental, perut juga diasah agar kenyang. Melalui profesi media dan jurnalis kita akan sering dihidangkan makanan enak dalam sebuah pertemuan pers ataupun undangan makan malam dari para pejabat.

“Kita juga merupakan orang yang memiliki ide sangat kreatif”

Jika masih banyak orang yang pesimis dengan hal kreatif dalam dirinya, sebagai orang media kita akan menemukan hal itu. Karena menumbuhkan ide kreatif adalah kewajiban seorang jurnalis, seperti dalam bentuk tulisan di media online, membawa berita agar dapat perhatian besar dari masyarakat bahkan memberi foto terbaik dalam liputan berita.

“Sesungguhnya kita merupakan orang yang super tangguh”

Profesi sebagai media, khususnya sosok jurnalis pasti akan menjadikan kita sebagai orang yang super tangguh. Karena kita selalu siap dengan liputan berita yang kapan saja dipanggil, bahkan kita harus menyampaikan fakta seaktual mungkin kepada masyarakat.

Orang media khususnya jurnalis merupakan profesi menyenangkan ya? Selagi masih muda, kita dapat memanfaatkan fisik dan mental itu untuk profesi satu ini.

 

( Tim Fokus )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *