Wajib Tahu!! Inilah Sifat Buruk Orang Yang Tak Perlu di Ajak Untuk Berkawan

Foto : dok (ist)

 

FOKUSLINTAS.com – Pastinya, kita memiliki teman dalam pergaulan sehari-hari. Tentu saja, sebagai seorang teman itu harus saling membantu serta menolong, sekaligus kita bisa berbagi cerita dengan teman kita semisal curhat tentang kesedihan atau curhat untuk berbagi kebahagiaan.

Memang sih, kalau punya banyak teman itu memiliki keuntungan juga. Tapi nih, kita pun harus hati-hati dalam memilih pertemanan. Dan gak ada yang ngelarang untuk berteman dengan siapa aja, bahkan dengan seorang yang usianya gak sebaya dengan kita.

Tapi, kita juga perlu waspada dalam memilih teman, dan kalau sudah terlanjur dijadikan teman, seenggaknya kita bisa jaga jarak. Ini 5 sifat buruk dari seorang teman yang sebaiknya perlu kita waspadai atau jauhi.

 

1. Gak tahu balas budi atau terima kasih

Sebagai seorang teman, kita tentunya gak mengharapkan balas budi dari seorang teman. Tapi nih, yang namanya seorang teman itu haruslah saling tolong menolong dan ingat selalu kebaikan yang pernah diperbuat. Seandainya teman kita gak ada perilaku balas budi dan rasa terima kasihnya sama sekali, bisa jadi dia cuma memanfaatkan kita saja.

 

2. Pintar ngomong, tapi beda sama kelakuan

Kalau teman yang punya sifat ini, mungkin dia cuma pintar ngomong saja di mulut. Tapi, kalau diajak melakukan suatu hal, pasti dia selalu menjadi orang nomor satu yang banyak alasan.

Dia akan beralasan supaya dirinya gak melakukan dan terbebas dari melakukan apa pun, tentunya hal-hal yang gak disukainya. Padahal hal itu dilakukan untuk kepentingan bersama.

 

3. Suka bergosip

Apa jadinya kalau kita menjadi bahan-bahan gosip? Terlebih lagi kalau kita mengetahui kalau biang dari gosip itu adalah teman kita sendiri. Tentu, kita bakal kesal dengan perlakukan dari teman kita tersebut. Entah, bagaimana caranya dan tergantung kita untuk menyikapi teman yang seperti ini.

 

4. Gak bisa jaga rahasia

Terkadang, kita mungkin sudah terlanjur percaya dengan teman yang anggap kita baik, dan gak segan untuk membagi cerita hal pribadi pada teman kita. Tapi, kemungkinan yang terburuk dari teman kita tersebut adalah, tiba-tiba teman kita membocorkan rahasia pada orang lain.

 

5. Teman makan teman

Sepertinya gak perlu penjelasan lagi untuk sifat teman yang satu ini, deh. Kita pasti bisa tahu kalau teman yang makan teman itu seperti apa, bukan? Misalnya aja yang paling banyak terjadi itu soal hubungan. Bukannya malah membantu atau malah mendukung, namun malah menikung.

Mungkin kita pernah mengalami perlakukan atau pengalaman dari sifat buruk seorang teman di atas, bukan? Tentu perlu diwaspadai dan apabila udah keterlaluan, sebaiknya kita jauhi, dan jadikan pengalaman tersebut sebagai ‘pelajaran’ dalam memilih teman.

(Awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *