Kejari Wonogiri Musnahkan Puluhan Barang Bukti Perkara Tahun 2020


Barang Bukti perkara yang disimpan di Kejari Wonogiri dimusnahkan (dok.tim/ist)

 

FOKUSLINTAS.com — Puluhan barang bukti (BB) di Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri dimusnahkan. Barang bukti yang dimusnahkan tersebut telah memiliki kekuatan hukum tetap dan merupakan akumulasi barang bukti dua perkara di tahun 2020.

“Kenapa barang bukti ini harus segera kita musnahkan? Sebab, biar tidak menumpuk di kantor, karena gudang Kejari Wonogiri sangat terbatas,” ungkap Kepala Kejaksaan (Kajari) Wonogiri Agus Irawan Yustisianto didampingi Kasie BB dan Barpras Kejari Wonogiri Beny Prihatmo, Selasa (30/6).

Dari informasi yang diterima, pemusnahan BB perkara tahun 2020 itu dilakukan pada Senin (29/6) di Lapangan voli Kejari setempat. Acara tersebut juga disaksikan oleh jajaran Forkompinda dan dinas atau instansi terkait.

Menurutnya, barang bukti yang dimusnahkan itu sudah berkekuatan hukum tetap dan mempunyai dasar surat perintah Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri dan putusan Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri.

“BB yang dimusnahkan totalnya sebanyak 94 perkara. Adapun perinciannya 92 perkara tindak pidana umum dan 2 perkara tindak pidana ringan (Tipiring),” kata dia.

Dikatakan, sebelum dimusnahkan BB tersebut sudah dicek dengan berkas perkaranya dan juga terdakwanya. Kajari menambahkan, dalam pemusnahan BB itu tetap memperhatikan kehati-hatian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti ledakan akibat barang yang dibakar atau hal yang lainnya.

“Kegiatan ini tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya. (Tim-Pram)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *