Mengungkap Kemistisan Ayam Cemani Yang Banyak di Buru Para Pelaku Spiritual

FOKUSLINTAS.com – Ayam cemani adalah salah satu jenis ayam yang terbilang unik. Jika ayam yang sering kita lihat adalah ayam yang memiliki daging putih dan bulu yang berwarna warni, ayam cemani justru hanya memiliki satu warna, yaitu warna hitam.

Warna hitam legamnya tak hanya dapat dilihat dari bulunya saja, melainkan juga seluruh badannya, mulai daging, darah, hingga organnya. Sebenarnya siapa yang pertama kali menemukannya? Menurut sejarah, ayam cemani sudah ada sejak abad 15.

Pemiliknya bernama KI Ageng Makukuhan yang berasal dari Temanggung Jawa Tengah. Sayangnya, dibalik keunikannya, ayam cemani juga menyimpan kemistisan yang sudah dipercaya oleh masyarakat, khususnya masyarakat Jawa. Dan inilah beberapa kemistisan yang dipercaya ada pada ayam cemani.

Kalian yang mengaku orang jawa pastinya sudah pernah mendengar bahwa ayam cemani sering diburu oleh mereka yang ingin kaya dalam waktu yang singkat. Atau, dalam bahasa kerennya adalah untuk syarat pesugihan.

Konon katanya, ayam cemani yang memiliki warna hitam legam dipercaya dapat memanggil roh halus, jin, atau sebangsanya. Makanya, saat orang jawa menjalankan ritual pesugihan, mereka pasti akan memburu ayam cemani untuk dijadikan sesajen. Meski harganya mahal, hal tersebut tidak menjadi masalah karena ayam cemani bisa membuatnya menjadi orang yang kaya dalam sekejab.

Memberikan Pengaruh Buruk

Sungguh malang nasib ayam cemani. Sudah warnanya hitam legam, masyarakat juga menilainya sebagai ayam pembawa sial. Mengapa ayam cemani dikatakan dapat membawa sial? Lagi lagi, warnanya yang hitam pekat sering diidentikkan dengan aura mistis. Beberapa orang percaya, saat mereka memelihara ayam cemani di rumahnya, maka ayam cemani bisa mengundang makhluk-makhluk halus untuk datang menganggu pemiliknya.

Itulah mengapa ayam cemani dikatakan sebagai ayam pembawa sial karena bisa memberikan pengaruh buruk pada pemilik dan keluarganya. Entah benar atau tidak, tetapi hal tersebut sudah menjadi kepercayaan dalam suatu masyarakat.

Memberikan Kesaktian

Percayakah kalian dengan kesaktian pada zaman sekarang? biasanya, orang zaman modern seperti sekarang cenderung percaya pada hal-hal yang real. Tetapi, ada pula beberapa orang yang masih percaya akan kesaktian.

Salah satu kesaktian dapat diperoleh dengan memakan ayam cemani. Ayam cemani adalah ayam yang sering dikaitkan dengan hal-hal yang mistis. Meski kurang masuk akal, ayam cemani dipercaya dapat memberikan kesaktian asalkan kalian mau mengkonsumsi dagingnya. Saat kalian sering memakannya, maka kalian akan menjadi sakti mandraguna dan tak terkalahkan.

Membuat Tubuh Kebal

Apabila kalian mendengar orang yang tubuhnya kebal akan penyakit, mungkin kalian sudah tak kaget lagi karena tubuh yang kebal akan penyakit biasanya karena rajin olahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, serta melakukan beberapa suntik yang dianjurkan oleh dokter. Tetapi, pernahkah kalian mendengar bahwa kekebalan tubuh dapat diperoleh dari memakan ayam cemani.

Ayam cemani dipercaya dapat membuat orang yang memakannya menjadi kebal tak terkalahkan. Sampai-sampai, ada pula yang bilang bahwa saat kalian memakan ayam cemani, maka kalian akan kebal terhadap senjata dan peluru hingga kalian nanti dijuluki memiliki orang dengan sembilan nyawa.

Terhindar dari Ilmu Hitam

Jika tadi kalian sudah mendengar bahwa sebagian orang menganggap bahwa ayam cemani adalah ayam pembawa sial sehingga hanya beberapa orang yang berani memeliharanya karena takut sial akan terus membayangi hidupnya.

Namun, ada pula sebagian orang yang percaya bahwa memelihara ayam cemani dapat membuatnya terhindar dari hal-hal yang bersifat mistis, seperti teluk dan santet. Saat kalian memelihara ayam cemani di rumah, segala hal mistis yang masuk dalam rumah dan membahayakan anggota keluarga, dapat dicegah lewat ayam cemani. Lalu, tertarikkah kalian memelihara ayam hitam ini di rumah?

Mendatangkan Harta yang Melimpah

Tadi sudah disebutkan bahwa salah satu hal mistis yang dikaitkan dengan ayam cemani adalah hewan ini sering dijadikan sebagai syarat untuk ritual pesugihan. Aura mistis yang sudah terlanjur melekat pada ayam cemani membuat beberapa orang percaya bahwa memelihara ayam cemani dapat mendatangkan keberuntungan hingga harta yang melimpah.

Dengan syarat, kalian sebagai pemilik harus bisa merawat dan memelihara ayam cemani dengan baik. Saat kalian merawatnya dengan baik, maka cemani juga akan mendatangkan kemanfaatan untuk pemiliknya.

Mitos Menabrak Ayam Cemani

Ayam cemani memang menyimpan banyak misteri hingga orang merasa takut untuk memeliharanya. Salah satu mitos yang menjadikan bulu kuduk merinding adalah saat orang menabrak ayam cemani hingga tewas, maka orang yang menabraknya juga akan mengalami peristiwa serupa.

Jika penabrak tersebut mendapat sedikit keberuntungan, ia masih bernyawa, tetapi ia akan mengalami cacat pada tubuhnya. Atau, jika penabrak tersebut selamat, maka anggota keluarganya yang akan menerima kesialannya karena salah satu anggota keluarganya akan bernasib sama seperti ayam cemani yang tewas tertabrak. Sungguh mitos yang lebih menakutkan dibandingkan mitos saat kalian menabrak kucing sampai tewas di jalanan.

Dapat Mengobati Penyakit

Ayam cemani adalah ayam yang sudah ada sejak zaman majapahit. Konon pemilik pertamanya bernama KI Ageng Makukuhan yang bertempat tinggal di Temanggung Jawa Tengah. Dahulunya, Ki Ageng Makukuhan sering menggunakan ayam cemaninya untuk mengobati orang yang sakit.

Bahkan, konon kabarnya anak pejabat di daerahnya sempat menderita penyakit keras. Saat KI Ageng menggunakan ayam cemaninya untuk mencoba mengobati penyakit, dengan izin Tuhan, kesehatan anak pejabat tersebut berangsur-angsur membaik. Dan saat itulah, ayam cemani mulai diberdayakan di daerah Temanggung.

Dapat Menumbuhkan Asmara

Ayam cemani sangat erat kaitannya dengan hal-hal mistis. Sehingga, ada beberapa orang yang menjadikannya sebagai syarat untuk melakukan hal-hal yang diluar nalar, seperti pellet. Ilmu pellet atau ilmu asmara lebih dikenal di daerah Jawa. Sebagian masyarat Jawa ada yang menggunakan ayam cemani untuk memikat lawan jenisnya. Biasanya, ayam cemani yang digunakan untuk syarat pellet asmara adalah ayam cemani jenis Widitra.

Ayam cemani jenis ini memiliki ciri fisik memiliki garuis di beberapa bagian tubuhnya, seperti pada bagian leher, dada, paruh, dan selangkangan. Pernahkah kalian melihat ayam cemani jenis ini? Jika kalian pernah melihatnya, harap berhati-hati. Siapa tahu kalian yang sedang menjadi incaran pellet asmara tersebut.

Menangkal Santet

Santet, istilah ini tidaklah asing bagi masyarakat jawa, khususnya Jawa Timur. Santet sering diidentikkan dengan kegiatan yang kurang baik karena dapat membahayakan lawannya. Saat orang terkena kiriman santet, hidupnya pastilah tak tenang. Bahkan, jika santetnya adalah santet yang tinggi, maka nyawa bisa menjadi taruhannya. Saking bahaya santet, masyarakat berlomba-lomba untuk mencari penangkal santet. Ternyata, salah satu contoh penangkal penyakit mistis tak kasat mata itu adalah ayam cemani. Saat orang yang terkena santet mengkonsumsi atau memakan ayam cemani jenis Kaikayi, maka santet yang menggerogoti tubuhnya berangsur angsur akan hilang.

Setelah menyimak informasi tentang kemistisan yang terdapat pada ayam cemani, kalian tidak usah menjadikan sebagai hal yang menakutkan. Ayam cemani sebenarnya sama seperti ayam lain. Hanya saja, fisiknya yang berbeda karena gen ayamnya juga berbeda.

Jikalau memang ada sebagian orang yang menyangkutkan ayam cemani dengan hal-hal mistis, kita sebagai sesame makhluk Tuhan hanya perlu mempercayainya saja dan menyerahkan segalanya pada penguasa alam semesta, yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Semoga bermanfaat! ( Hani )

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *