Disdik Solo di Sidak, Komisi IV DPRD Temukan Siswa Sengaja Tidak Daftar dan Tunggu Kursi Kosong


Komisi IV DPRD Solo sidak di kantor Disdik Solo, Senin (6/7). Foto: dok (ist-Tim)

 

FOKUSLINTAS.com – Sejumlah calon siswa sengaja tidak mendaftarkan diri dalam pelaksanaan PPDB online tahun ajaran 2020/2021. Hal itu diketahui saat Komisi IV DPRD Solo melakukan sidak di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Senin (6/7).

“Kami datang di kantor Disdik Solo untuk memantau langsung pelaksanaan PPDB online,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan.

Menurutnya, pelaksanaan PPDB online sudah sesuai rencana dan tidak ada persoalan berarti di lapangan. Setelah ini akan dilihat hasil registrasi yang dilakukan siswa setelah mendaftar secara online.

“Apakah ada siswa yang tidak mendaftar ulang, jumlah berapa? Kita lihat lagi. Secara prinsip peserta didik dapat sekolah semua,” kata dia.

Politikus PDIP ini mengatakan ada beberapa sekolah yang mengalami overload dan ada calon siswa yang sengaja tidak mendaftar PPDB online untuk menunggu kursi kosong. Untuk sekolah yang overload ditemukan di kawasan kantong kemiskinan di Solo.

“Ada sekolah yang dekat dengan kantong kemiskinan sehingga pendaftar melonjak. Namun, ada juga sekolah yang tidak ada yang mendaftar dari jalur gakin,” kata dia.

Ia menyarankan pada Disdik Solo terkait temuan kasus siswa yang tidak daftar sama sekali dan menunggu kuota kosong jangan diterima. Kalau itu dibiarkan pelaksanaan PPDB online jadi tidak berjalan baik.

“Harus ada edukasi kepada masyarakat. Kalau tidak mendaftar sejak awal ya tidak masuk ke daprodik,” tutup dia.

 

(Tim-Her)

Editor : Awi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *