Wahana Mistik di Balik Tembang Lingsir Wengi, Dipercaya Bisa Mengundang Makhluk Halus

Foto: ilustrasi

 

FOKUSLINTAS.com – Anda pasti tidak asing dengan lagu lingsir wengi. Lagu ini sering terdengar di film-film hantu indonesia. Setiap terdengar lagu ini, pasti akan muncul hantu yang menyeramkan.

Apakah benar lagu dengan lirik jawa ini mengandung unsur mistis. Banyak mitos yang mengatakan bila kita menyanyikan kagu ini bisa memanggil kuntilanak datang. Supaya tidak penasaran mari kita bahas tentang cerita misteri di balik lagu lingsir wengi.

Pencipta Lagu Lingsir Wengi

Siapa sebenarnya pecipta lagu lingsir wengi? Banyak yang berpendapat kalau lagu ini diciptakan oleh sunan kalijaga. Lagu ini dibuat untuk mencegah gangguan makhluk ghaib atau menolak bala di malam hari.

Dulu lagu ini sering digunakan untuk pengiring tidur anak-anak dan kini dijadikan sebagai lagu yang penuh mistis. Sunan kalijaga menciptakan lagu ini untuk kesenian dan sebagai alat menyebar agama islam. Karena liriknya berisi doa-doa untuk menangkal makhluk halus.

Lagu Yang Terdengar Mistis dan Menyeramkan

Lalu kenapa lagu lingsir wengi terdengar menyeramkan dan mistis. Saat membuat lagu ini sunan kalijaga menggunakan gending jawa. Beliau memilih pakem durma, sehingga membuat lagu ini terlihat suram, sangar, keras dan mengerikan. Apalagi lagu ini dinyanyikan dengan tempo pelan, lembut dan menyayat hati. Sehingga lagunya terdengar lebih menyeramkan.

Lagu Penolak Bala

Masalah lagu lingsir wengi sebagai penolak bala, memang masih simpang siur mari kita lihat arti dari lagu ini dalam bahasa indonesia :

“ menjelang malam, dirimu akan lenyap

Jangan bangunm dari tempat tidurmu

Awas jangan menampakkan diri

Aku sedang dalam kemarahan besar

Jin dan setan yang kuperintah

Menjadi perantara

Untuk mencabut nyawamu”

Liriknya pun terlihat menyeramkan, seolah-olah penyanyi sendang mencoba memanggil makhluk halus  namun jangan membawa maut. Kita memang tidak pernah tahu alasan pasti membuat lagu lingsir wengi yang menyeramkan ini,

Untuk Memanggil Kuntilanak

Karena sering muncul di film horor kuntilanak, banyak orang yang percaya bahwa lagu ini digunakan untuk memanggil kuntilanak. Ketika kita menyanyikan lagu ini, akan ada makhluk halus atau kuntilanak yang muncul. Apalagi dinyanyikan di tempat yang horor, gela dan mistis. Lagu ini seperti memiliki kekuatan magis yang begitu besar dan menyeramkan.

Cerita misteri di balik lagu lingsir wingi memang tidak diketahui dengan pasti. Ada yang bilang untuk menolak bala, memanggil kuntilanak, mencegah gangguan makhluk halus dan masih banyak lainya. Semua cerita tersebut memang menjadi misteri. Karena lagu ini sudah dikenal di masyarakat indonesia sejak  zaman dulu. Dinyanyikan oleh banyak orang secara turun temurun.

Hampir semua film horor pasti menyanyikan lagu ini. apalagi yang berhubungan dengan kuntilanak. ketika menyanyikan lagu lingsir wengi akan muncul hantu yang menyeramkan. Pada saat mendengar lagu lengsir wingi, bulu kuduk pasti langsung merinding.

Apalagi mendengar lagu versi asli yang dinyanyikan oleh sinden jawa dengan suara yang lembut dan mendayu-dayu. Ditambah dengan suara gending jawa yang begitu kental. Membuat bulu kudu langsung berdiri dan merasakan suasana yang menyeramkan.

Entah itu menyeramkan atau tidak, lagu lingsir wingi menjadi salah satu warisan budaya indonesia. Walaupun memiliki cerita yang menyeramkan, kita tidak boleh melupakannya. Karena sampai saat ini masih banyak sinden jawa yang menyanyikannya.

Lalu apakah anda berani untuk menyanyikan  atau mendengarkan lagu lingsir wengi sendiri di rumah? Mungkin anda akan merasakan pengalaman yang tidak terduga dan tidak terlupakan. (Awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *