Enam Orang Dari Pondok Pesantren Jatisrono Wonogiri di Nyatakan Positif Covid-19


Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri melakukan penyemprotan desinfektan di wilayah Wonogiri kota, baru-baru ini. (SM)

 

FOKUSLINTAS.com – Jumlah warga yang dinyatakan positif terinfeksi penyakit virus corona (Covid-19) di Kabupaten Wonogiri bertambah. Sebanyak enam orang dari lingkungan pondok pesantren di wilayah Kecamatan Jatisrono dinyatakan positif Covid-19, Jumat (10/7).

Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengatakan, temuan baru orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu berawal dari seorang pasien Covid-19 berinisial Z berusia 50 tahun dari Kecamatan Jatisrono. Pasien yang merupakan pengasuh pondok pesantren di kecamatan tersebut sempat mengikuti sebuah kegiatan keagamaan di Kabupaten Demak, dua pekan lalu.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri kemudian melakukan pelacakan untuk mengetahui siapa saja yang pernah berinteraksi dengan Z. Tim melakukan rapid test terhadap warga pondok pesantren. Hasil rapid test menyatakan beberapa di antara reaktif. Setelah dilanjutkan dengan test Swab, ternyata ada enam orang yang positif Covid-19.

Isolasi khusus segera dilakukan kepada enam orang tersebut. Isolasi juga diterapkan terhadap lingkungan pondok pesantren. Gugus Tugas melakukan penyekatan untuk memisahkan enam orang positif Covid-19 dengan warga pesantren lainnya. “Pondok diisolasi agar tidak ada yang ke luar-masuk dengan pengawasan dan perlakuan khusus oleh Puskesmas,” katanya.

Pihaknya akan melibatkan pemerintah desa dan kecamatan serta memberi pemahaman kepada pengurus pondok mengenai bahaya Covid-19. Pasalnya, proses isolasi pondok pesantren kemungkinan akan menghadapi kendala kultur dan masih banyaknya akses yang bisa ditembus. “Kami akan melibatkan pemerintah desa untuk ikut mengamankan proses isolasi,” ujarnya.

Enam orang tersebut belum dirawat di rumah sakit karena tidak menunjukkan adanya penyakit penyerta. Adapun warga pesantren orang yang pernah berinteraksi dengan pasien Covid-19 akan langsung menjalani test Swab. “Mengenai jumlah total warga pondok, sementara ini saya belum menerima datanya,” imbuhnya.

Enam orang positif Covid-19 itu merupakan yang temuan terbesar pertama di Kabupaten Wonogiri. Adapun jumlah total orang yang dinyatakan positif Covid-19 di kabupaten tersebut sejak awal pandemi lalu sebanyak 26 orang.* [Red-Sam]

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *