JC Wahyu Setiawan Jadi Jalan Masuk Bagi KPK Untuk Bongkar Semua Kejahatan Pemilu

Mantan Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan. Source: Rmol

 

 

FOKUSLINTAS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan dapat menerima Justice Collaborator (JC) yang diajukan mantan Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan.

Sebab, Wahyu bisa menjadi pintu masuk bagi KPK untuk membongkar semua kejahatan. Apalagi, tim Penasihat Hukum (PH) Wahyu menyebut bahwa kliennya akan membongkar semua perbuatan rasuah yang terjadi saat Pemilu maupun Pilkada.

“Wahyu Setiawan menjadi jalan masuk bagi KPK untuk benar-benar membongkar semua kejahatan,” ucap Dosen Komunikasi Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah, Selasa (21/7).

Apalagi, kata Dedi, sosok Harun Masiku yang merupakan buronan dan tersangka pemberi suap kepada Wahyu Setiawan dinilai mampu memberikan uang yang lebih besar agar bisa menjadi anggota DPR RI pada waktu itu.

“Harun Masiku sangat mungkin bukan sekadar soal proses PAW, ini hanya secara kebetulan terungkap dan berpotensi mengungkap hal lain. Terutama keterlibatan Komisioner KPU dalam kejahatan korupsi,” beber Dedi Kurnia.

Diketahui, dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin kemarin (20/7), tim PH Wahyu Setiawan resmi mengajukan surat permohonan JC.

Selain Wahyu, terdakwa Agustiani Tio Fridelina yang merupakan mantan caleg PDIP juga menyampaikan akan mengajukan JC. Namun, Tio belum mempersiapkan surat resminya. Dijelaskan Tio, surat resmi tersebut akan diserahkan dalam persidangan selanjutnya pada 3 Agustus 2020.* (Han)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *