Penyebaran Covid-19 dari Ponpes Jatisrono Wonogiri Tertinggi, Pelacakan Digencarkan

ilustrasi (sumber: istockphoto)

 

FOKUSLINTAS.com – Penyebaran Covid-19 melalui klaster Ponpes Jatisrono belum ada penambahan kasus baru. Namun, Pemkab Wonogiri bersiap-siap untuk melakukan penelusuran tahap kedua terhadap kontak erat dengan pengasuh ponpes yang terlebih dahulu terpapar virus corona.

“Kita ketahui bersama, klaster Ponpes Jatisrono ini menjadi penyumbang terbesar angka terkonfirmasi positif corona di Wonogiri,” ujar Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Selasa (21/7).

Menurut dia, fokus saat ini adalah menelusuri kontak erat dari Ustaz Z yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Secara detail, Bupati menolak menyebutkan angka kontak erat yang sudah terverifikasi.

Hanya, kata Bupati, lantaran mobilitas Z yang sangat tinggi hingga sampai lintas kecamatan, beberapa orang di Kecamatan Wonogiri Kota pun terlacak melakukan kontak dengan Z.

“Di data statistik kami, klaster dari Ponpes di Jatisrono mendominasi angka terkonfirmasi positif corona di Wonogiri. Total, ada 38 orang terkonfirmasi positif korona. 30 orang di antaranya warga Wonogiri, sisanya warga luar daerah. Sebelum ada klaster ini, angka kumulatif kita hanya 18 terkonfirmasi positif covid-19,” kata Joko Sutopo.

Dia mengatakan, sebelum hasil uji swab dari 46 orang yang melakukan kontak erat dengan Z keluar, orang lain yang sebenarnya juga melakukan kontak dengan Z enggan untuk melaporkan kepada pihaknya.Namun, setelah hasil swab 46 orang tersebut keluar dan terkonfirmasi positif ada 26 orang, lantas masyarakat yang memiliki kontak erat secara bersamaan melaporkan diri. Sehingga, dengan adanya pelaporan itu, pihaknya kembali melakukan penelusuran ulang.

“Maka, saat ini kami melakukan penelusuran tahap kedua. Kami sudah mempersiapkan tenaga untuk melakukan lacak ulang terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan,” tandasnya.*[Tim-Prm]

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *