Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Asosiasi Bintang Samudra Dorong Budidaya Kelengkeng Kristal

Asosiasi dorong budi daya kelengkeng kristal di Jawa Tengah. Foto: Awi

 

FOKUSLINTAS.com – Asosiasi Bintang Samudra Jawa Tengah mendorong kegiatan budidaya kelengkeng jenis kristal super di Desa Gempol Kelurahan jatikuwung, Kabupaten Karanganyar karena memiliki produktivitas tinggi, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani setempat.

“Kebetulan saya PPL (Petugas Pemandu Lapangan) juga penasehat Asosiasi Kelengkeng untuk setiap Kabupaten. Kerja sama Dengan Asosiasi
Bintang Samodra yang bertugas untuk mensosialisasikan kelengkeng kristal super di Jawa Tengah agar lebih bisa diakui,” kata Yuwono pekan lalu.

Keunggulan lain dari tanaman kelengkeng ini adalah bisa tumbuh di semua daerah. Foto: Awi

 

Dia mengatakan hal itu kepada wartawan di sela kegiatan penananam bibit kelengkeng kristal super bersama asistennya Sarwono ketika penanaman di Desa Gempol, Jatikuwung, Karanganyar dilahan Pemilik tanah Joko dan Surati.

Menurut dia, kelengkeng kristal super bukan jenis tanaman musiman karena buahnya bisa dipanen setiap saat sepanjang tahun.

Jenis kelengkeng, kristal super 1 dan bibit ada yang satu tahun dibuahkan, 2 tahun bisa dibuahkan, juga ada yang 3 tahun bisa dibuahkan.

Bahkan jika seorang petani memiliki banyak pohon kelengkeng kristal super, kata dia, bisa direkayasa sedemikian rupa agar setiap waktu ada satu pohon yang dapat dipanen.

“Keunggulan lain dari tanaman kelengkeng ini adalah bisa tumbuh di semua daerah, tidak hanya di daerah dingin atau daerah tertentu, di daerah berpasir pun bisa tumbuh. Petani binaan kami sudah banyak yang berhasil mengembangkan kelengkeng ini,” kata dia.

Selain itu, kata dia, tanaman kelengkeng new kristal super memiliki batang pohon yang kuat, daging buahnya tebal, dan bijinya kecil.

Video: dok/fokuslintas.com

Lebih lanjut, Sarwono selaku asisten juga mengatakan pembentukan Asosiasi Kelengkeng ditujukan untuk menghentikan impor kelengkeng.

Dan apa bila masuk dan kerjasama dengan
PT Bintang Samudra akan dibimbing selamanya.

“Pembuahan dan pemasaran buah bisa dibantu, untuk masa produktif kelengkengr Kistal super bisa mencapai sampai 30 tahun kedepan,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya juga ingin mensejahterakan petani kelengkeng di Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

“Yang ditanam kali ini di Desa Gempol
Jatikuwung, Karanganyar jenis kelengkeng yang satu tahun bisa di buahkan. Dengan kita mensosialisasikan kelengkeng kristal super ini di seluruh kabupaten/kota se-Jawa Tengah, diharapkan pada tahun 2030 kita semua sudah bisa panen sendiri, sudah bisa menghentikan impor kelengkeng. Bahkan, ke depannya kita bisa ekspor,” tandas dia. Awi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *