Terkait Kasus Djoko Tjandra, Bareskrim Periksa Pengacara Anita Kolopaking dan Jadi Tersangka


Kuasa Hukum Djoko Tjandra, Anita Kolopaking mendatangi Bareskrim Polri melaporkan akun Twitter @xdigeeembok. [Src/Ist]

FOKUSLINTAS.com – Bareskrim Polri terus mengebut proses penyelesaian kasus narapidana hak tagih Bank Bali, Djoko Tjandra. Terkini, polisi juga tengah mengusut kasus surat jalan yang juga menyasar pengacara Anita Kolopaking sebagai tersangka.

Bareskrim dijadwalkan akan memanggil dan memeriksa pengacara Djoko Tjandra bernama lengkap Anita Dewi Anggraeni Kolopaking itu pada Senin pekan depan.

Sebelumnya, Bareskrim juga telah menahan tersangka lain terkait kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra yakni Brigjen Pol Prasetijo Utomo.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Raden Argo Yuwono mengatakan, penyidik Bareskrim akan melayangkan surat pemanggilan terhadap Anita Kolopaking pada Senin (3/8/2020).

Anita yang sudah berstatus tersangka, namun belum dilakukan penahanan oleh Bareskrim Polri.

“Senin besok baru dikirim (surat) panggilan (Anita Kolopaking),” kata Argo, Sabtu (1/8/2020).

Dalam penetapan tersangka itu, Anita Kolopaking disangkakan dengan Pasal 263 (2) dan Pasal 223 KUHP.

Dalam kasus ini, penyidik telah menyita sejumlah barang bukti di antaranya surat jalan palsu dan surat pemeriksaan COVID-19 atas nama Djoko Tjandra.

Polisi juga telah memeriksa 23 saksi dalam penyidikan kasus ini. Sebanyak 20 saksi dari Jakarta dan tiga saksi dari Pontianak.

Anita menjadi tersangka menyusul eks Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prasetijo Utomo yang sudah berstatus tersangka terlebih dulu terkait kasus yang sama.

Prasetijo disangkakan dengan pasal berlapis yakni Pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 E KUHP, Pasal 426 ayat 1 KUHP, dan Pasal 221 ayat 1 ke 2 KUHP.

Buronan kakap Kejaksaan Agung itu, telah berhasil ditangkap di malam takbiran idul adha 1441 Hijriah. Djoko dibawa ke Indonesia melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (30/7/2020) malam.

Dia dijemput langsung oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ke Indonesia.

Sesampainya di Bandara Halim Perdanakusuma, Djoko Tjandra yang menggunakan baju tahanan, celana pendek dan tangan terikat itu langsung digelandang ke Bareskrim Polri.

Djoko pun kini telah mendekam di Rumah Tahanan Salemba cabang Bareskrim Polri. Yang berada di kamar penjara nomor satu.* Han-Tim

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *