Mulai Launching, Pemkot Solo Bantu Pekerja Terkena PHK dengan Kampung Siaga Candi


Pemkot Solo meresmikan Kampung Siaga Candi, Kestalan, Banjarsari, Solo. (Tim)

 

FOKUSLINTAS.com – Banyak cara yang dilakukan Pemkot Solo untuk membantu warganya yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19. Salah satunya dilakukan dengan melaunching Kampung Kuliner Kestalan.

“Kami mendirikan Kampung Siaga Candi di bekas bangunan Kelurahan Kestalan. Pendirian kampung ini atas usulan warga setempat,” ujar Lurah Kestalan, Suyono, Rabu (8/8).

Ia menjelaskan Kampung Siaga Candi ini di dalamnya ada kampung kuliner. Ide ini bermula dari sejumlah warga yang meminta agar bekas bangunan Kelurahan Kestalan dijadikan untuk kegiatan kuliner malam.

“Bagi warga setempat yang terkena PHK bisa manfaatkan kampung kuliner untuk merintis usaha menjual makanan,” katanya.

Suyono mengaku telah konsultasi dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo untuk membuka kampung kuliner. Hasilnya disetujui dengan syarat harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Pesan Wali Kota Solo jangan sampai menimbulkan klaster baru penularan corona. Protokol kesehatan harus benar-benar ditegakkan, di antaranya pakai masker, jaga jarak, dan penyemprotan disinfektan dilakukan satu minggu tiga kali,” katanya.

Suyono menegaskan pedagang untuk tidak melayani pembeli yang tidak menggunakan masker. Untuk kampung kuliner ini awalnya hanya 4 orang yang mendaftar, saat ini tambah menjadi 12 orang.

“Siapapun yang berjualan harus warga Kestalan. Kami berharap kampung kuliner ramai sehingga membuat ekonomi kampung bergerak,” tutup dia.* Tim-Her

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *