Karena Kurang Representatif, Pemkab Wonogiri Bangun Fasilitas Kesehatan di Kecamatan Eromoko


Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri Adhi Dharma (Foto: dok/Ist)

 

FOKUSLINTAS.com — Salah satu fasilitas kesehatan (gedung Puskesmas) di Kecamatan Eromoko bakal dibangun. Selain, kondisi bangunan yang sudah tua juga kurang representatif. Oleh sebab itu, pemerintah mengalokasikan anggaran miliaran rupiah.

“Ya, ada satu Puskesmas yang akan dibangun tahun ini. Puskesmas Eromoko I,” ungkap Kepala DKK Wonogiri Adhi Dharma, Kamis (20/8).

Menurut dia, sumber dana pembangunan gedung Puskesmas 1 Kecamatan Eromoko itu berasal dari Bankeu Propinsi dan didukung APBD Wonogiri. Selain gedung puskesmas, tahun ini Pemkab Wonogiri juga bakal membangun pasar tradisional Eromoko. Pembangunan pasar itu sendiri menelan dana miliaran rupiah.

“Lima miliar dari Bankeu provinsi Jateng, dan Rp 125 Juta dana dari APBD Kabupaten Wonogiri,” terangnya.

Lebih lanjut Adhi Dharma mengatakan, anggaran dari bankeu provinsi itu nantinya akan digunakan dalam pembangunan fisik. Sementara itu, dana dari APBD kabupaten akan digunakan untuk biaya operasional pengadaan atau pembangunan (BOP).

“BOP ini meliputi jasa konsultan pengawas, honor dan biaya operasional panitia pengadaan atau tim teknis, ” katanya.

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Eromoko I Iwan Iskandar mengaku belum mengetahui kepastian kapan pelaksanaan pembangunan gedung puskesmas itu. Menurut dia, saat ini masih menunggu review dari DED (Detail Engineering Design).

Ia mengatakan, gedung puskesmas itu sudah berusia tua. Pertama kali gedung itu dibangun sejak 1982 silam dan selanjutnya pernah beberapa kali direnovasi.

“Ketika nanti gedung puskesmas dibangun, pelayanan masyarakat tetap jalan,” tandasnya.* [Tim-Smt]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *