Tak Perlu Gundah dan Risau, Begini Berbagai Manfaat Kalau Kamu di Benci Orang Lain

Ternyata haters itu ada gunanya bagi hidup kita lho. Foto: Ist

FOKUSLINTAS.com – Dalam hidup, pasti enak ya kalau kita bisa disukai oleh semua orang. Tapi kamu tentu sadar bahwa hal itu mustahil. Sebaik apa pun kamu, pasti selalu ada saja orang yang gak suka atau bahkan benci. Kalau kamu sedih karena itu, tentu wajar. Mana ada sih orang yang senang dibenci?

Tapi jika kita lihat dari sisi positifnya, sebenarnya kamu punya alasan untuk senang bahkan bersyukur kalau ada yang membencimu. Loh, kok bisa? Karena jika kamu dibenci orang lain, kamu sebenarnya akan dapat lima manfaat berikut ini.

1. Kamu diingatkan untuk sadar diri dan rendah hati

Memang enak kalau kamu bisa disukai oleh semua orang, tapi tahukah kamu apa efeknya kalau itu terjadi? Kamu bisa merasa jadi orang paling hebat karena semua orang suka padamu. Akhirnya sifat sombong pun bisa muncul, sehingga kamu jadi mulai bersikap buruk pada orang lain.

Sebaliknya, kalau kamu dibenci sebenarnya kamu sedang diingatkan untuk jadi rendah hati. Sebaik apa pun kamu, kamu tetap punya kekurangan, dan kekurangan itulah yang mungkin membuat orang gak menyukaimu. Kamu pun terdorong untuk introspeksi diri, memperbaiki kekurangan dan tetap berbuat baik kepada semua orang.

2. Belajar sabar

Bahkan kalaupun orang lain membencimu tanpa alasan, kamu tetap dapat manfaat lho. Manfaatnya adalah kamu bisa belajar sabar menghadapi situasi yang gak bisa kamu perbaiki dengan kuasamu sendiri. Kamu akan banyak menemukan situasi yang seperti itu sepanjang hidupmu, maka kamu sangat butuh kesabaran seperti itu.

3. Belajar untuk memaafkan dan gak membenci

Selain itu, kamu juga bisa belajar untuk gak balas membenci orang yang membencimu, tapi justru memaafkan mereka. Kenapa kamu butuh kemampuan itu? Bukan saja supaya kamu gak mendapat banyak musuh, tapi juga demi kebaikanmu sendiri.

Membenci atau menaruh dendam bisa merusak kesehatan mental dan fisikmu. Gak mau kan itu terjadi?

4. Kamu jadi lebih menghargai orang yang sayang padamu

Terkadang kita cenderung lupa betapa berharganya hal-hal yang kita punya, lalu baru menyadarinya lagi saat mengalami hal buruk. Misalnya, kamu mungkin kurang menghargai koleksi sepatu yang kamu punya. Tapi saat beberapa sepatumu mulai rusak, barulah kamu lebih menghargai sepatumu yang masih bagus.

Begitu pula dengan orang di sekitarmu. Mungkin kamu selama ini kurang menghargai orang-orang yang sayang padamu. Tapi ketika ada orang yang membencimu, kamu tersadar bahwa orang-orang yang menyayangimu itu sangat berharga. Artinya secara tidak langsung, kebencian orang lain justru jadi pengingat yang bagus buatmu kan?

5. Kamu mendapat motivasi untuk sukses

Terakhir, kamu bisa mendapat motivasi tambahan untuk sukses dari orang-orang yang membencimu. Kalau mereka bilang kamu gak bisa melakukan sesuatu, jadikan itu pendorong buatmu untuk melakukannya dan membuktikan mereka salah. Kadang ejekan dari haters justru bisa jadi motivasi terbaik untuk sukses lho!

Itulah lima manfaat yang bisa kamu dapat kalau ada orang yang membencimu. Jadi, gak usah stres berlebihan ya kalau itu terjadi padamu. Pandanglah secara positif dan kamu akan menyadari bahwa ternyata kehadiran mereka bisa memberimu keuntungan!* [Sari]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *