Berdayakan Masyarakat Mandiri dan Sejahtera, Kodim Sragen Gandeng Disnakkan Beri Pelatihan Cara Budidaya Ikan

Kodim Sragen Gandeng Disnakkan Beri pelatihan cara budidaya ikan. Foto: Istimewa

 

FOKUSLINTAS.com – TNI selalu mempelopori upaya upaya untuk mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat ditengah pandemi covid-19, diantaranya yaitu TMMD yang terbukti mampu mengakselerasi ketertinggalan desa-desa terpencil agar sejajar dengan desa lainnya, diantaranya dengan membangun jalan yang merupakan poin penting guna mendukung kelancaran ekonomi, selain itu juga bedah rumah tak layak huni, jambanisasi dan lain lain.

Kali ini Kodim Sragen menggandeng Dinas peternakan dan perikanan melaksanakan pelatihan cara beternak ikan air tawar di desa Sukorejo Kecamatan Sambirejo.

Perikanan dipilih untuk dilatihkan di Desa Sukorejo, di karenakan desa ini untuk air cukup baik, disamping itu Sukorejo memiliki embung yang dibuat oleh TNI pada saat TMMD Reguler ke 103 tahun 2018.

Selain itu, sebelum dilaksanakan pelatihan beternak ikan juga diberikan sosialisasi terkait protokol covid-19 oleh dr. Wisnu Retnaningsih, M.H dari Puskesmas Sambirejo.

Foto: Istimewa

Dandim Sragen Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno, S.I.P melalui Kasdim Mayor Inf Wijiono mengatakan, “Kegiatan ini adalah program baru Bakti TNI diluar TMMD yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dipedesaan supaya mandiri dan sejahtera ditengah pandemi covid-19 yang saat ini sedang melanda dunia,” ungkapnya, Rabu 26 Agustus 2020.

“Saat ini masyarakat dunia sedang berjuang melawan virus Corona dan banyak membatasi kebebasan untuk bekerja, untuk itu solusi yang tepat adalah bekerja dirumah namun tidak kehilangan pendapatan, salah satunya adalah beternak ikan, itulah kenapa kegiatan ini kita selenggarakan,” terang Kepala Staff Kodim.

Sementara itu, Sukrisno Kades Sukorejo mengaku senang dengan kegiatan ini, “Alhamdulillah semenjak desa kami mendapat program TMMD Reg tahun 2018 kemajuan desa kami cukup pesat, apalagi dengan dibangunnya embung sangat bermanfaat untuk mencegah banjir, air yang ditampung bisa untuk mengairi sawah dan sekarang mendapat bantuan 10.000 ekor bibit nila dari Kodim bekerjasama dengan Disnakkan,” ujarnya.

Embung di Desa Sukorejo untuk mencegah banjir, air yang ditampung untuk mengairi sawah dan mendapat bantuan 10.000 ekor bibit nila dari Kodim yang bekerjasama dengan Disnakkan. Foto: Istimewa

Sukrisno berharap desanya bisa menjadi desa wisata air tubing, pemancingan dan berenang dengan ikan.

“Kami mewakili masyarakat Sukorejo mengucapkan terima kasih kepada Kodim sragen dan dinas terkait yang tak bosan bosannya membantu masyarakat Sukorejo dengan program program yang bermanfaat bagi warga kami,” Tambahnya.

[Tim Kodim-Awi]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *