Pemkab: Puluhan Ribu Warga Wonogiri Bakal Terima JKN KIS

Ilustrasi (ist)

 

FOKUSLINTAS.com — Pemkab Wonogiri dalam waktu dekat ini bakal mendistribusikan puluhan ribu JKN KIS kategori PBI. Rencananya, pembagian KIS itu akan dilakukan bersamaan dengan penyerahan ribuan sertifikat yang masuk dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

“Warga yang bakal mendapat KIS nanti sebanyak 76.037 orang, terdiri dari 40.449 KK,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Wonogiri, Teguh Setiyono kepada wartawan, Jumat (28/8).

Menurut dia, mengatakan program KIS PBI pada kali ini bersumber dari APBN, APBD provinsi dan APBD Kabupaten. Rencananya KIS akan dibagikan langsung oleh Bupati Wonogiri mulai 1 September 2020. Penyerahan akan dilakukan secara simbolis di 25 kecamatan.

Dikatakan, karena saat ini masih pandemi Covid-19. Sehingga protokol kesehatan harus diterapkan. Maka, disetiap kecamatan warga yang diikutsertakan dalam pembagian simbolis KIS itu hanya sekitar 200 orang. Itupun, dibagi menjadi dua tempat. Karena, mereka yang dapat KIS merupakan kepersertaan baru, maka sebelumnya akan diberikan sosialisasi oleh petugas JKN. Selebihnya kata Teguh KIS akan dibagikan oleh petugas Puskesmas disetiap kecamatan.

Lebih lanjut Teguh menuturkan, selain pembagian kartu KIS, Pemkab Wonogiri juga akan mendistribusikan PTSL. Sebelumnya, target PTSL untuk Wonogiri sebanyak 15 Ribu PTSL namun karena pandemi dan refocusing maka PTSL menjadi 7 Ribu PTSL.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Wonogiri, Kurnia Listiyarini, mengatakan KIS tersebut dapat digunakan dalam lingkup nasional. Namun prosesnya berjenjang, sesuai ketentuan pelayanan kesehatan masing-masing daerah. Menurut dia, saat ini kepesertaan JKN di Wonogiri sebanyak 513.207 orang. Dengan rincian dari APBN sebanyak 413.980 orang, APBD Provinsi sebanyak 8.147 orang dan APBD Kabupaten sebanyak 91.080 orang.*[Tim-Jk]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *