Peluang Besar, Desa Kecik Tanon dan Sambirembe Kalijambe Jadi Project Penanaman Sweet Sorghum

Tanam perdana sweet shorgum di Desa Sambirembe, Kecamatan Kalijambe. Foto/Dok

 

FOKUSLINTAS.com – Setelah pencanangan budidaya kedelai edamame di Desa Kecik, Kecamatan Tanon, Paseduluran Keluarga Besar Sragen (PKBS) kembali melanjutkan programnya dengan merintis budidaya sweet sorghum di Desa Sambirembe, Kecamatan Kalijambe.

Desa Sambirembe dipilih menjadi pilot project sweet sorghum dengan luas awal dua hektare. Sambirembe dipilih untuk budidaya sweet sorghum karena dinilai cocok dari berbagai aspek.

“Pertama, karakter tanah di Sambirembe termasuk tandus sehingga cocok untuk tanaman sweet sorghum yang tak butuh banyak air. Kedua, karakter petani di desa Samnirembe ini bukan militan lantaran sebagian mulai memilih alternatif usaha furniture,” papar Ketua Umum PKBS, Tedy Sudjarwanto, baru-baru ini.

Alasan lainnya, saat ini Indonesia masih mengalami defisit cukup tinggi akan komoditas gandum atau tepung terigu. Tedy menyampaikan dari tahun ke tahun, kebutuhan impor gandum negeri ini makin naik.

Pencanangan program sirkular ekonomi budidaya sweet shorgum ditandai dengan penanaman langsung oleh Ketua Umum PKBS, Tedy Sudjarwanto, bersama jajaran pengurus, Muspika dan Pemdes Sambirembe.

Tedy menyampaikan, dari data yang dia diterima, tahun 2018 kebutuhan impor gandum Indonesia 10,1 juta ton. Lalu di 2019, meningkat menjadi 10,6 juta ton. Dan di tahun 2020 diprediksi kebutuhan impor gandum kembali naik di angka 11,46 juta ton.

Menurutnya, tren kenaikan defisit gandum itu sebenarnya peluang besar yang bisa ditangkap oleh petani lokal lewat budidaya sweet sorghum.

“Fakta lain orang Indonesia itu senang bikin roti. Makanya kebutuhan terigu atau gandum tinggi. Kenapa tidak kita tanam sendiri,” terangnya.

Dia menjelaskan apalagi di Sambirembe selama ini banyak tanah atau sawah yang nganggur tak ditanami karena tandus. Dengan ditanami sweet sorghum, maka akan menghasilkan pendapatan berlipat bagi petani. Tedy menggambarkan tanaman sweet sorghum punya kelebihan karena semua bagiannya bisa dimanfaatkan.*[Tim]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *