Catat!! Pemerintah Juga Berikan Bantuan Ini Selama Pandemi Selain BLT Rp600 Ribu

Digelontorkan untuk menjaga perekonomian masyarakat di tengah wabah Covid-19. Foto/Source: Ist-Bmb

 

FOKUSLINTAS.com – Dampak yang ditimbulkan dari wabah Covid-19 memang dirasakan betul oleh Indonesia. Tak hanya mengancam jiwa masyarakat, perekonomian pun ikut terkena imbas dari virus yang telah menjadi pandemi global itu. Untuk itu, pemerintah pun mulai menggelontorkan bantuan kepada masyarakat.

Salah satunya adalah program bantuan langsung tunai (BLT) berbentuk paket sembako dan BLT senilai Rp600 ribu per kepala keluarga (KK), yang diberikan per bulan selama tiga bulan ke depan.

Tak hanya itu, sejumlah bantuan lainnya diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

 

Program keluarga harapan (PKH) untuk keluarga penerima manfaat (KPM)

Pemerintah melalui Kementerian Sosial bakal menyalurkan bantuan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (PKM) melalui program keluarga harapan (PKH). Untuk mengakomodir hal tersebut, Kemensos menganggarkan dana sebesar Rp 37,4 triliun.

Mekanisme pembagian pun ikut diubah. Dari yang sebelumnya diberikan secara triwulan, diganti menjadi bulanan.

 

Kartu Pra Kerja untuk 5,6 juta Peserta dengan total anggaran Rp 20 triliun

Wabah corona yang terjadi juga berdampak pada sektor ketenagakerjaan. Berdasarkan data Kemnaker per 7 April 2020, ada 39.977 perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan total 1.010.579 orang. Pemerintah pun membantu mereka lewat program Kartu Pra Kerja untuk 5,6 juta Peserta dengan total anggaran sebesar Rp 20 triliun.

 

Diskon tarif bagi Pelanggan 450 VA dan 900 VA Subsidi

Selain menyokong perekonomian, pemerintah juga memberikan bantuan berupa diskon tarif bagi Pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA Subsidi.

Rinciannya, rumah tangga 450 VA akan dibebaskan dari biaya listrik yang diberikan untuk 24 juta pelanggan. Sementara untuk daya 900 VA diberi keringanan berupa diskon 50 persen dari biaya tarif normal untuk tujuh juta pelanggan.

 

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi sektor UKM

Dunia usaha juga tak luput dari bantuan pemerintah. Para pelaku usaha kecil menengah (UKM), stimulus Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk meringankan beban usaha mereka.

Seperti pembebasan beban bunga selama 6 bulan ke depan dan penundaan angsuran. Harapannya, bantuan ini bisa membuat bisnis yang ada tetap bisa bertahan di tengah wabah Covid-19.

 

Bantuan berupa Kartu Sembako untuk 20 Juta penerima

Terakhir ada bantuan lewat program Kartu Sembako untuk 20 Juta penerima. Sebelumnya, jumlah penerima berjumlah 15,2 juta yang akan menerima Rp 150 ribu per bulan sejak bulan Januari hingga Februari. Karena ada penambahan sebesar 4,8 juta penerima, besaran bantuan yang diberikan jaga meningkat menjadi Rp 200 ribu per bulan mulai Maret-Desember.

Dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah, harapannya tentu hal tersebut bisa menopang sekaligus menjaga stabilitas ekonomi di masyarakat. Khususnya pada mereka yang terdampak dari adanya wabah Covid-19.

Selain bantuan di atas, pemerintah juga memberikan insentif perumahan sebanyak 175 ribu unit bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Mudahan-mudahan bisa dimanfaatkan dengan maksimal yach?* [Awi]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *