Warga Masyarakat Berharap Pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja Segera di Percepat

Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Kabupaten Klaten (diskominfo klaten)

 

FOKUSLINTAS.com — Pembangunan Proyek Strategis Nasional, jalan tol Solo-Klaten-Yogya-Kulon Progo dengan panjang ruas 96,5 Km akan segera digarap.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan, Totok Wijayanto saat Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Kabupaten Klaten, Senin (21/9), di Pendopo Kabupaten Klaten mengatakan, hampir seluruh tanah yang terkena jalan tol Solo-Yogya sudah tersertifikat. Terhitung kurang dari 5 persen saja yang belum bersertifikat.

“Melihat hal tersebut, sangat membantu dan mempermudah dalam pengerjaan tol Solo-Yogya. Terlebih saat ada tim pelaksana pengadaan tanah mensosialisasikan sudah tidak ada warga yang ragu. Malah-malah warga ingin untuk dipercepat pembangunannya,” ujar Totok Wijayanto.

Terobosan pengadaan tanah harus dibuat, mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Bagaimana caranya memberikan pengertian kepada masyarakat secara gamplang. Tetapi tidak harus sering bertatap muka dengan warga yang berdampak tol. Ada 50 desa meliputi 4.071 bidang dan luas pembebasan tanah 377,52 hektar yang akan digunakan dalam pembangunan tol.

Dilansir laman klatenkab.go.id, Sekretaris Daerah Klaten Jaka Sawaldi mengungkapkan, penetapan proses pengadaaan tanah telah melewati banyak tahapan. Tahap itu seperti melalui identifikasi, musyawarah, pelepasan ganti untung dan lainnya.

“Pemerintah harapanya tidak usah lama-lama, semakin cepat dimulai kan semakin bagus. Bekerjasama membangun sinergi, secara terarah dan harus terukur sesuai jadwal yang ditetapkan,” jelasnya.

Kepala BPN Klaten Agung Taufik Hidayat saat rapat koordinasi juga mengatakan sangat membutuhkan kerjasama kepada seluruh pihak agar proses pembangunan tol sukses. Pemerintah akan selalu melakukan pendampingan agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.*[Tim/Met]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *