Tsunami Raksasa Mengancam Indonesia, Ini Daftar Daerah yang Berpotensi Dilanda Gelombang 20 Meter

Source Jurnal Presisi/Daerah Potensi Tsunami di Indonesia. /BMKG

FOKUSLINTAS.com – Masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Pulau Jawa baru-baru ini digemparkan oleh pengumuman hasil riset ahli-ahli ITB.

Riset tersebut mengungkap bahwa pulau jawa bagian selatan dan beberapa wilayah pesisir lainnya memiliki potensi ancaman tsunami yang cukup besar.

Para ahli dari ITB dan perwakilan BMKG memberikan peringatan awal tentang kemungkinan adanya ancaman gelombang tsunami dengan tinggi 20 meter.

Riset tersebut menggunakan penggabungan data seismik yang diperoleh dari katalog BMKG dan Katalog internasional Seismological Centre (ISC).

BMKG menilai bahwa ada pergerakan tektonik aktif yang cukup mengkhawatirkan di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, selatan Pulau Jawa menjadi salah satu yang mungkin akan terdampak dari lempeng tersebut.

“Ada (Pergerakan) lempeng tektonik di Indo-Australia dengan Eurasia atau Lempeng Sunda di sebelah utaranya, sehingga lokasinya ada di selatan jawa. Dilaut lepas,” ucap Rahmat.

Terkait prediksi potensi tsunami yang dikeluarkan dari riset ITB, ia mengatakan kemungkinan potensi itu dapat dilihat dari adanya seismic gap atau kekosongan kegempaan dalam periode waktu yang cukup panjang dengan magnitudo yang cukup signifikan.

“Jadi data-data dari adanya seismic gap di selatan jawa, dan itu sebetulnya dua segmen. Di situ ada dua segmen yang bila terjadi patahan secara bersamaan akan menimbulkan gempa magnitudo 9,1,” tambahnya.

Dan jika gempa itu terjadi ia mengatakan gempa tersebut dapat memicu patahan di segmen atau lempeng lain sehingga menimbulkan gempa bumi dengan magnitudo yang maksimal.

Selain itu ia menambahkan, potensi tsunami itu tidak hanya bisa terjadi di selatan Pulau Jawa saja, namun banyak wilayah di Indonesia bisa juga terdampak, antara lain di Pantai Sumatera, Selatan Bali, Nusa Tenggara, Utara Papua, Manado, dan Sulawesi Utara.

“jadi tidak hanya di selatan Jawa. Di Maluku itu ada ancaman juga, bahwa ancaman itu ada potensi gempa besar di sana itu betul,” tambahnya.

“Jadi ancaman tsunami tidak hanya di selatanjawa, Disepanjang jalur pertemuan lempeng, di mana itu ada sumber gempa dan itu di laut sumber gempanya dengan magnitudo besar, ya itu bisa berpotensi tsunami,” ucap Rahmat.

Ia mengatakan Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak daerah pertemuan lempeng, sehingga potensi tsunami bisa saja terjadi di banyak tempat.

Potensi tsunami itu dapat terjadi disepanjang daerah pertemuan lempeng tektonik, mulai dari laut Andaman dibagian Tenggara Pulau Sumatera, di Simeule, Nias, Mentawai, Enggano hingga ke bagian selatan Jawa sampai Nusa tenggara.

Daerah-daerah tersebut semuanya memiliki potensi sumber gempa yang dapat menimbulkan tsunami.* [Handi R]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *