Sering di Tuding Biang Rusaknya Jalan, Kendaraan Tambang di Sragen Harus Siap Komitmen Taat Aturan

Razia truk tambang di Sragen | dok/tim

 

FOKUSLINTAS.com – Warga Sambirejo bersama instansi pemerintah terkait mengadakan pertemuan dengan perwakilan pengusaha tambang yang kendaraannya sering melintas di jalan Jambeyan-Sukorejo-Sambi. Selama ini kendaraan tambang sering dituding sebagai biang keladi kerusakan jalan.

”Tonase kendaraan harus dipatuhi sesuai aturan. Selanjutnya ada klausul tambahan jika terjadi kerusakan, perusahaan tambang siap membantu perbaikan jalan,” kata Anggota DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto, Selasa (29/9).

Pihaknya menekankan pada Dishub Sragen agar mengawal kesepakatan yang telah dibuat. Salah satunya dengan sering melakukan razia atau operasi di jalur tersebut untuk memastikan tidak ada pelanggaran.

”Mekanismenya pada Dishub untuk melakukan kontrol pada truk-truk muatan itu,” ujarnya.

Pertemuan yang digelar di kantor desa Sukorejo tersebut dihadiri sejumlah tokoh terkait. Diantaranya Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen Suwandi, Perwakilan DPUPR, Perwakilan Satlantas Polres Sragen, Muspika dan Perwakilan dari pengusaha tambang.

Dari pertemuan itu disepakati, pihak tambang akan taat pada Undang Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan siap memperbaiki jalan jika terjadi kerusakan.

Selain itu dipastikan muatan ditutup dengan sempurna. Ditambah pihak perusahaan tambang siap memperbaiki jalan Jambeyan-Sukorejo-Sambi jika dianggap menyebabkan kerusakan setelah diperbaiki beberapa waktu lalu.

Sementara Plt Kepala Dishub Sragen Suwandi menyatakan, akan gencar melakukan operasi terkait kendaraan yang menyalahi aturan. Dia menegaskan pelanggaran tidak sekadar berat tonase kendaraan. Namun juga dimensi kendaraan maupun terpal penutup muatan.

”Operasi tidak dari dishub saja, tapi juga melibatkan dari kepolisian. Dari Dishub sudah melakukan penambahan rambu. Operasi tidak sekedar beban saja, tapi juga pelanggaran lain,” terang Suwandi.*

[Tim-Awi]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *