Disebut Tak Netral, 4 Kades di Klaten Dilaporkan Bawaslu

Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrokhman. Source Sorot

 

FOKUSLINTAS.com – Sebanyak empat kepala desa (Kades) dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Klaten karena diduga tidak netral di masa kampanye Pilkada 2020 bergulir. Bawaslu Klaten mulai mendalami laporan itu sejak, Selasa-Rabu (29-30/09/2020).

Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrokhman mengaku belum bisa mengungkapkan identitas empat Kades yang diduga tidak netral tersebut. Sebab saat ini masih dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi terhadap yang bersangkutan maupun saksi- saksi di lokasi.

Keempat kades tersebut berasal dari kecamatan yang berbeda. Terkait pelaporan dari masyarakat yang masuk ke Bawaslu Klaten juga berbeda. Dalam laporannya, keempat kades itu mengajak masyarakatnya memilih paslon tertentu. Ajakan disampaikan di kegiatan yang dihadiri warga.

“Kita melakukan klarifikasi terhada laporan dan temuan masyarakat yang diduga melanggar. Yang jelas dugaan pelanggaran penggunaan jabatannya demi kepentingan salah satu paslon dalam sebuah acara,” ujarnya, Rabu (30/09/2020).

Bawaslu telah membentuk tim yang dipimpin Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran. Hasil dari klarifikasi masih didalami. Apabila nanti disimpulkan mengarah pidana, kemungkinan bisa dilimpahkan ke sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Atas kejadian ini, Bawaslu meminta kepada kades untuk menaati aturan dan bisa menempatkan diri sebagai pihak netral selama masa kampanye berlangsung. Apabila memang harus hadir dalam suatu kegiatan, kades tidak boleh mengarah ke salah satu paslon tertentu.

“Sebenarnya kades itu boleh menghadiri kegiatan selaku pemangku wilayah, bisa memberikan sambutan. Tapi sambutannya tidak boleh mengarah ke salah satu paslon,” pungkasnya.* [Khisan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *