Peneliti: Mengenali Ciri-ciri Orang yang Suka Molor atau Menunda Pekerjaan

Ilustrasi kerja lembur

 

FOKUSLINTAS.com – Sebuah laporan terbaru menyatakan bahwa karyawan umumnya suka menunda tugas dan teralihkan dari pekerjaannya selama 55 hari dalam setahun.

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang dewasa menunjukkan bahwa kita menghabiskan rata-rata 218 menit menunda waktu setiap hari, yang sama dengan 55 hari dalam setahun.

Para peneliti di Universitas Colorado di Boulder, Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa kecenderungan untuk menunda mungkin memiliki akar dari faktor genetik dan impulsif yang juga terkait keturunan.

Lantas, apa yang biasanya dilakukan orang itu ketika menunda waktu pekerjaan atau teralihkan oleh hal lain. Ada tiga hal yang biasanya dilakukan saat ini yakni:

1. Belanja online

2. Browsing hal di luar pekerjaan

3. Menonton televisi

Menunda atau menempatkan hal-hal yang dapat merugikan kehidupan sehari-hari dan digambarkan sebagai musuh nomor satu kemajuan. Menunda tugas kini dianggap sebagai sindrom universal dan seringkali dilakukan banyak orang.

Mengapa ini dilakukan? Kebanyakan orang melakukan hal ini karena merasa bosan dengan rutininas dan monoton pekerjaan yang membutuhkan variasi setiap harinya.

Namun, terus menerus teralihkan dari pekerjaan dan menunda waktu bisa menyebabkanorang tidak bahagia juga, selain dari terbengkalainya pekerjaan.

Menunda pekerjaan juga membuat orang jarang sukses. Banyak orang mungkin beralasan beristirahat dari pekerjaan untuk penyegaran dan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik. Namun jika dilakukan terus menerus tentu hasilnya akan buruk.

Namun penelitian telah menunjukkan bahwa penunda lebih mungkin untuk membuat kesalahan dalam pekerjaan. Psikiater asal India, Dr. Anjali Chhabria, mengatakan hal ini terkait dengan masalah manajemen waktu yang berkaitan dengan gaya hidup yang salah.

“Kadang-kadang kita tidak siap karena jadwal tidur yang buruk, yang pada gilirannya menyebabkan kurangnya fokus. Penunda juga terus hidup dalam pemikiran, bukan tindakan sehingga membuat mereka cemas dan lelah,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan ciri-ciri orang yang suka menunda sebagai berikut:

– Menghabiskan terlalu banyak waktu mengobrol dengan teman-teman atau menelepon.

– Hanya memandang surel tanpa benar-benar melakukan sesuatu dengannya.

– Memiliki tugas dan prioritas tinggi di tangan tapi langsung pergi untuk istirahat minum kopi.

– Menunda pekerjaan dan menyelesaikannya di akhir tenggat waktu.

– Membiarkan suasana hati mendikte saat tugas penting perlu untuk dilakukan.

[ Sari ]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *