Bakal Mewujudkan Kemajuan dan Pengembangan, Pemdes Gawan Tanon Sragen Galakkan Berbagai Program Inovatif

Ketua FKKD Sragen juga Kepala Desa Gawan Sutrisno S.Sos di ruang kerjanya, pekan lalu. Foto: Istimewa

 

FOKUSLINTAS.com – Terkait Profil Desa adalah gambaran menyeluruh tentang karakter Desa yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi oleh desa. Secara struktural mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, perekonomian dan pembangunan serta pembinaan di masyarakat desa.

Gambaran secara umum keadaan alam Desa Gawan Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen cukup berpotensi karena merupakan daerah pertanian, perkebunan, serta sangat mendukung untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Adapun yang manjadi primadona atau usaha prioritas adalah dari sektor pertanian, pedagang, warung, toko, waserda dan  sektor lainnya.

Ketua FKKD Sragen yang juga selaku Kepala Desa Gawan Sutrisno S. Sos saat ditemui pekan lalu juga mengungkapkan, bahwa tingkat sosial masyarakat pedesaan menjadi fokus utama dalam pengembangan masyarakat, pentingnya pembangunan masyarakat yang menitik beratkan pada sektor ekonomi agar masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk melalui pengaturan tatanan sosial yang ada.

Terkait kesejahteraan sosial, menurut Kades Sutrisno S.sos adalah tantangan yang dihadapi dalam pembangunan kesejahteraan sosial meliputi proses globalisasi dan indrustrialisasi serta kritis ekonomi dan politik yang berkepanjangan. Dampak yang dirasakan diantaranya semakin berkembang dan meluasnya bobot, jumlah dan kompleksitas berbagai permasalahan sosial.

“Dalam hal ini Pemerintah akan terus membina kelompok dan organisasi yang ada, walaupun dengan keterbatasan yang dialokasikan. Penyelenggaraan Pemerintahan Desa mempunyai fungsi untuk mengatur, mengarahkan masyarakat untuk bisa menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat sesuai dengan aturan,” terangnya.

Periode ketiga memimpin, Dia juga menegaskan terus berupaya berinovasi untuk menitik beratkan ke dalam program peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satunya dengan meningkatkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang didalamnya tertuang berbagai program, diantaranya: Bank sampah, Gapoktan, Budidaya ikan, Desa Wisata, Program Desa bebas sampah dan lain sebagainya.

Sutrisno berharap kedepan Bumdesnya akan menjadi Badan usaha milik desa yang bisa mensejahterakan warga masyarakatnya, bukan hanya di lingkungan desanya tapi tidak menutup kemungkinan akan berdampak positif pula untuk desa tetangga. Dengan harapan agar menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sragen khususnya Desa Gawan dan sekitarnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *