Upaya Memajukan Desa, Pemdes Kalangan Gemolong Sragen Prioritaskan Pembangunan dan Programnya Secara Transparan

Kepala Desa Kalangan Kecamatan Gemolong Kab. Sragen (Suparno) diruang kerjanya. Foto: Istimewa

 

FOKUSLINTAS.com – Pemerintahan Desa telah memberikan manfaat besar kepada masyarakat terkait realisasi untuk pembangunan di Desa Kalangan, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen.

Hal ini tak lepas dari peran Suparno yang dulunya seorang TNI lalu dipilih warga, lalu menjabat menjadi Kepala Desa sejak tahun 2017 di kenal banyak orang sosok yang ramah dan amanah, wajar jika saat ini selalu ekstra bekerja keras dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

Dia juga mengungkapkan, dalam perencanaan pembangunan yang diprioritaskan di Desa Kalangan semua dilakukan secara transparan dan telah diusulkan oleh masyarakat pada saat Musyawarah Desa (Mudes). Semisal memprioritaskan pembangunan di Desanya yaitu pembuatan gorong-gorong, Bumdes, program air bersih PANSIMAS dan talud jalan di beberapa titik serta infrastruktur lainnya.

“Kami sudah bekerja sesuai tanggung jawab masing-masing. Alhamdulillah semua pekerjaan selalu berjalan dengan lancar, baik pelaksanaan fisik maupun administrasi juga berjalan normal,” ungkapnya saat dikonfirmasi awak media, Rabu 07/10/2020.

Menurutnya, terkait visi misi Kades Suparno mempunyai gagasan untuk menciptakan kemajuan yang lebih sejahtera melalui berbagai program guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan salah satu upaya untuk icon di Desa yaitu  meningkatkan fasilitas infrastruktur lapangan Desa supaya lebih bisa dinikmati khususnya masyarakat Desa Kalangan.

“Saya himbaukan untuk seluruh warga masyarakat Desa Kalangan pada khususnya, dengan adanya semua program pemerintah yang ada ini diharapkan saling menjaga apa yang telah dibangun didesa, baik dari keamanan dan kenyamanan masyarakat. Aparatur Desa dengan masyarakat Desa juga harus adanya saling transparan guna mencegah miskomunikasi antara Aparatur Desa dengan masyarakat Desa.” imbuhnya.

Program Pemdes terkait perencanaan lapangan Desa Kalangan Gemolong yang wacana mau dijadikan icon Desa dan wisata. Foto: Istimewa

Sementara itu, salah satu tokoh Desa juga selaku ketua Bumdes Kusriadi saat ditemui wartawan juga apresiasi kerjasama dengan Pemdes selama ini, sebab menjadi peluang bagi BUMDes yang mulai terbentuk tersebut kedepannya. Disamping itu juga mempermudah dan mendekatkan pelayanan dengan masyarakat.

“Regulasi yang baru menjadi pedoman untuk mengelola, berbagi pengalaman dan hal positif untuk mengembangkan BUMDes. Saya optimis ke depan mudah-mudahan BUMDes semakin eksis dan maju,” tuturnya.

Ia sendiri menilai keberpihakan pemerintah kepada BUMDes terlihat begitu kentara. Salah satunya dengan adanya penggodokan perda desa wisata dimana rencananya BUMDes akan diamanatkan untuk mengelola desa wisata dan beberapa program lainnya.

“Sebab itu, pada dasarnya BUMDes harus kuat menunjukan eksistensinya dan akan lebih aktif koordinasi, termasuk juga meminta perlindungan karena tidak mudah melakukan pengurusan BUMDes.” tandas dia. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *