Update Terbaru Covid-19 di Jateng 8 Oktober 2020: 25.112 Positif, 18.657 Sembuh, 2.078 Meninggal

Cegah penularan Virus Corona dengan selalu memakai masker (humas jateng)

 

FOKUSLINTAS.com — Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah memperbarui data persebaran kasus Corona (Covid-19). Informasi yang diperoleh dari laman corona.jatengprov.go.id, Kamis (8/10) pukul 12.00 WIB, tercatat 25.112 kasus positif Covid-19, di mana 2.078 di antaranya meninggal dunia dan 18.657 sembuh. Sementara 4.377 pasien masih dirawat di sejumlah rumah sakit yang ditunjuk Pemprov Jateng.

Seluruh Puskesmas di Jawa Tengah diminta aktif melakukan tracing kepada masyarakat. Menurut Gubernur Ganjar pranowo, tracing tidak mungkin hanya mengandalkan Dinas Kesehatan, karena cover areanya terlalu besar.

“Kami ingin menjadikan Puskesmas sebagai ujung tombak penanganan COVID-19. Kenapa Puskesmas, karena ini pelayanan kesehatan yang paling depan. Kalau mengandalkan Dinas Kesehatan, ini nggak akan sanggup karena cakupan areanya terlalu besar,” kata Ganjar Pranowo, saat meninjau Puskesmas Bener, di Purworejo, Rabu (7/10) –seperti dilansir laman humas.jatengprov.go.id.

Puskesmas dapat menjadi kekuatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Ganjar mengatakan, sebagai lembaga kesehatan yang didesign khusus untuk pelayanan paling depan di Indonesia, Puskesmas dinilai mampu melakukan tugas itu.

“Puskesmas ini yang paling depan, karena mereka tiap hari bergumul dengan masyarakat paling depan. Dengan optimalisasi Puskesmas dalam rangka tracing ini, maka kita bisa mengetahui dan mendeteksi dengan cepat,” urainya.*

(Tim-Khisan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *