Tanpa Perlawanan, Buronan Kasus Penyalur TKI Ilegal Berhasil Ditangkap Kejagung

Buronan kasus TKI Ilegal ditangkap | infopublik

 

FOKUSLINTAS.com — Buronan terpidana kasus penyalur Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal, Hermawan alias Alan ditangkap tim Tabur (Tangkap Buronan) Kejaksaan Agung RI. Penangkapan oleh Tim Tabur dibantu Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Kejaksaan Negeri Karanganyar, Kejaksaan Negeri Kota Malang, dan aparat Kepolisian.

“Terpidana masuk dalam buronan atau Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/10), dilansir dari laman infopublik.id.

Hermawan ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya di Perum Puncak Buring Indah, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (10/10) sekitar pukul 18:00 WIB. Hermawan menjadi buronan ke-93 yang berhasil ditangkap Tim Tabur Kejaksaan RI di tahun 2020.

Hari mengatakan, terpidana Hermawan sebelumnya adalah Terdakwa kasus tindak pidana penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri/ penyalur TKI ilegal.

Ini berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI. Nomor: 758K/ PID.SUS/2018 tanggal 26 September 2018 yang menguatkan putusan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Nomor 216/Pid.Sus/2017/PT.SMG tanggal 12 Oktober 2017.

Hermawan diputus terbukti bersalah melakukan tindak pidana tanpa ijin menempatkan TKI di luar negeri dan dihukum pidana penjara selama satu tahun.

Dalam kesempatan itu, Hari menjelaskan, bahwa program Tangkap Buronan (Tabur) digulirkan oleh bidang Intelijen Kejaksaan RI dalam memburu buronan pelaku kejahatan baik yang masuk DPO Kejaksaan maupun instansi penegak hukum lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Melalui program ini, kami menyampaikan pesan bahwa tidak ada tempat yang aman bagi pelaku kejahatan,” tegas Hari.*

[Tim-Heri]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *