Biarpun Rajin Ibadah, Wanita yang Bermulut Tajam dan Nyinyir Ancamannya Neraka

Ilustrasi dok/ist

 

FOKUSLINTAS.com – Wanita dikenal sebagai makhluk cerewet. Bahkan pepatah mengatakan, “Wanita mulutnya ada dua.” Artinya, kalau pria bicara hanya satu kali wanita akan menjawab panjang dan berkali-kali.

Wanita cerewet bisa ditemukan dimana saja. Di rumah, di jalan, di sekolah, di kantor, dan tempat-tempat lain. Wanita suka bicara banyak hal, apa pun topik yang sedang hangat pasti dibicarakan.

Namun, seringkali ucapan yang keluar dari mulut wanita tidak terkontrol dan tajam. Seperti ghibah atau membicarakan aib orang lain, berkata kasar, mengumpat. Maka tak heran banyak orang muak dengan wanita yang nyinyir.

Wanita nyinyir berasal dari golongan apa saja. Bahkan mungkin wanita muslim yang berpakaian muslimah serta rajin ibadah juga bisa nyinyir mulutnya tajam.

Membahas soal wanita nyinyir, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa tempat mereka adalah di neraka. Sekalipun ibadahnya rajin.

“Sesungguhnya ada seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dipikirkan bahayanya terlebih dahulu, sehingga membuatnya di lempar ke neraka dengan jarak yang lebih jauh dari pada jarak antara timur dan barat.”

Ancaman neraka terhadap orang-orang yang tidak bisa mengontrol ucapan bertujuan agar hendaklah seseorang berpikir dulu sebelum berucap. Jangan sampai mengeluarkan ucapan yang sia-sia. Meski mungkin menurut manusia itu hal biasa.

Allah Ta’ala berfirman, “Kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.” (QS. An Nur [24] : 15)

Oleh sebab itu, jika memang ucapan tidak ada manfaatnya lebih baik diam. Sebab itu lebih baik daripada ucapan menyakiti orang lain atau berkata bohong. Demikian dikutip dari berbagai sumber.* [Khisan R]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *