Demi Kebaikan Diri Sendiri, Ini 6 Cara Menjauhi Orang Beracun di Sekitar Kita

Foto: Ilustrasi/Source Idn

 

FOKUSLINTAS.com – Toxic people atau orang-orang dengan karakter beracun itu tentu selalu bisa ditemui di sekeliling kita. Bahkan, bukan gak mungkin teman-temanmu ada yang bersikap seperti ini. Suka bergunjing keburukan teman sendiri, menusukmu dari belakang, dan banyak sifat buruk lain yang merugikan orang di sekitarnya.

Lantas bagaimana caranya menjauhi orang-orang beracun ini tanpa membuatnya sakit hati? Coba deh 6 tips di bawah ini!

1. Unfollow dia supaya kamu gak terpengaruh atau tergoda melihat postingannya yang berpengaruh negatif

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah segeralah unfollow akun sosmed miliknya. Gak perlu merasa bersalah, kamu berhak kok menyaring siapa yang kamu ikuti di dunia maya demi membuat harimu terasa lebih positif. Lagi pula jika tak ada faedahnya dan kamu justru merugi, lantas kenapa kamu mempertahankan untuk memfollow orang-orang tertentu?

2. Jika dia sudah terlanjur follow maka block saja supaya dia otomatis meng-unfollowmu

Jika temanmu yang memiliki karakter beracun ini hobi sekali stalking atau bergunjing mengenai dirimu, maka sudah saatnya kamu mem-block akun miliknya. Dengan menge-blocknya maka dia sudah gak bisa lagi melihat setiap aktivitasmu dan nyinyir tentang kehidupanmu.

3. Gak perlu menjelek-jelekkannya di hadapan orang lain, biar orang lain tahu sendiri

Kamu gak perlu gembar-gembor atau menyebarkan aib buruk temanmu ini. Jika ini yang kamu lakukan, kamu gak beda jauh dengan dirinya. Tetaplah tenang dan gak perlu memberitahukannya ke orang lain. Biar orang lain tahu sendiri tentang sikap buruk temanmu ini.

4. Bersikaplah netral dan biasa saja di depannya, gak perlu cari perkara

Meski orang ini mengusik ketenangan dan membuatmu gak nyaman, namun bersikaplah sewajarnya saja di depannya. Bukan berarti kamu harus menjilat atau berpura-pura baik padanya. Tetaplah bersikaplah biasa saja dan tidak perlu mencari-cari konflik.

5. Bicara seperlunya saja dan hindari topik yang terlalu personal

Jika memang kamu gak bisa menghindarinya, maka bicaralah seperlunya saja. Bicarakan topik umum dan hindari membicarakan hal yang terlalu personal.

Selain itu, jika dia mulai menggunjingkan orang lain, kamu gak perlu ikut berkomentar. Kalimat negatif yang kamu ucapkan bisa digunakannya untuk menempatkanmu di posisi yang merugikan suatu saat nanti.

6. Supaya gak menyimpan dendam, hindari mengingat kejelekannya

Meski kamu sudah menjauhinya, namun menyimpan dendam dalam hati bakal tetap berimbas negatif pada dirimu sendiri. Makanya bersikaplah netral dan gak perlu mendendam. Ingat saja bahwa dia bersikap demikian karena ada latar belakang yang memicunya. Meski demikian, ingat bahwa kamu sebaiknya menjaga jarak darinya mulai sekarang.

Sudah siap menjauhi orang-orang dengan karakter beracun di lingkunganmu?* (Awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *