Uang Setoran Semen di Embat, Sales Wanita Asal Cemani Sukoharjo di Ciduk Polisi

Tersangka saat diamankan di Mapolsek Banjarsari, Solo (dok/tim)

 

FOKUSLINTAS.com — Tri Widyastuti (43) warga Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo terpaksa meringkuk di balik jeruji besi. Wanita yang sebelumnya bekerja sebagai marketing atau sales di sebuah perusahaan distribusi semen itu menggelapkan uang setoran perusahaan.

“Pelaku ini bekerja sejak akhir 2018 sebagai sales, tugasnya menawarkan produk perusahaan ke toko-toko. Dia menjual harga lebih murah, misal harganya Rp39 ribu dijual ke toko Rp 38 ribu. Dengan tujuan pemilik toko membeli secara cash. Namun pelaku ini melapor ke perusahaan uangnya dibayarkan bulan depannya,” terang Kapolsek Banjarsari AKP M Rikha Zulkarnaen kepada wartawan, Rabu (21/10).

Seiring berjalannya waktu, kata Rikha, uang yang disetorkan ke kantor malah ditilep. Dia melapor ke perusahaan bahwa toko belum memberikan uang, padahal uang telah diberikan dari toko untuk pembayaran semen.

“Alasanya toko tutup atau pemilik tidak ada di tempat, padahal uang sudah dia pegang,” jelasnya.

Tak mudah percaya, manajemen CV langsung melakukan kroscek kepada toko-toko tersebut. Dari hasil kroscek, ternyata pemilik toko sudah membayar semen yang dijual oleh Tri Widyastuti. Mengetahui modusnya terendus, cepat-cepat pelaku keluar dari perusahaan tersebut.

“Total uang yang digelapkan tersangka sekitar Rp 31 juta,” ungkap Rikha.

Karena kabur, pihak manajemen langsung melaporkan kejadian ini. Pelaku berhasil dibekuk aparat kepolisian di indekosnya di kawasan Gondangrejo, Karanganyar.

“Ketika kami sidik di kantor, pelaku mengakui perbuatanya,” kata Rikha.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan enam lembar invoice, enam lembar surat titip barang, lima kwitansi serta enam surat pernyataan dari toko yang menyatakan sudah membayar lunas semua semen yang dibeli.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 374 KUHP tentang Penggelapan dalam Jabatan dengan hukuman lima tahun penjara.* (Tim-Heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *