Wujudkan Ketentraman di Masyarakat, FKUB Klaten Ajak ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

Acara Pembinaan dan Koordinasi Program PKUB Kecamatan Dalam Mewujudkan Pilkada Damai, beberapa waktu lalu. Foto: dok/Ist

 

FOKUSLINTAS.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Klaten mengajak aparatur sipil negara (ASN) dan kepala kades (Kades) untuk menjaga netralitas jelang Pilkada 2020. Hal itu disampaikan guna mewujudkan ketentraman masyarakat.

Wakil Ketua FKUB Klaten, Basuno mengatakan ASN dan Kades perlu menaati aturan tentang netralitas dan tidak berpihak pada peserta pilkada. Sebaliknya, ASN dan Kades harus bersama- sama ikut menjaga kondusifitas disaat memasuki tahun politik.

“Kita mengajak ASN dan kades harus netral sesuai undang- undang. Agar taat aturan biar semua lancar,” ujarnya, usai acara Pembinaan dan Koordinasi Program PKUB Kecamatan Dalam Mewujudkan Pilkada Damai, beberapa waktu lalu.

Pihaknya mengaku ketidaknetralan ASN dan Kades dikhawatirkan dapat memicu keresahan maupun kemarahan masyarakat. Selain itu, pihaknya juga mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat ikut serta menjaga kondusifitas wilayahnya masing- masing.

“Jadi intinya hal ini untuk menciptakan semua aman. Mari kita semua menjaga ketentraman dan kelancaran pilkada,” imbuhnya.

Disinggung mengenai tingkat kerawanan Pilkada Klaten dengan membawa isu agama, pihaknya mengungkapkan bakal sulit terjadi. Sebab dari tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati itu, semua sudah memahami kondisi wilayah Klaten.

“Insyallah kalau itu (isu agama) tidak ada. Klaten tidak sampai ke arah situ. Maka ya mari dijaga bersama- sama,” pungkasnya.*

 

(Sorot-Memet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *