7 Orang Terpapar Covid-19, Pasar Wonogiri Bakal di Tutup

Pasar Sidoharjo Wonogiri akan Ditutup 
Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa. Foto: Istimewa

FOKUSLINTAS.com – Pasar Sidoharjo di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri rencananya ditutup sementara pada Senin-Kamis mendatang (9-12/11/2020). Pasalnya, ada sekitar tujuh pedagang yang dinyatakan positif terinfeksi penyakit virus corona (Covid-19). Para pedagang tersebut berasal dari beberapa daerah, namun sering beraktivitas di Pasar Sidoharjo.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Wonogiri Edy Santosa didampingi Kepala Dinas Kesehatan Adhi Dharma dan Asisten Sekda Wonogiri Teguh Setiyono mengatakan, penutupan pasar bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Penutupan pasar akan dilaksanakan selama empat hari. Meliputi pasar tradisional, pasar hewan, pasar kayu, dan pertokoan di sekitar Pasar Sidoharjo,” kata Edy.

Temuan kasus positif Covid-19 bermula dari rapid test yang dilaksanakan akhir Oktober lalu. Hasil rapid test menunjukkan ada warga yang reaktif. Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-10 kemudian melakukan tes Swab dan mendapati ada beberapa warga yang positif. “Yang positif itu ada yang sering beraktivitas di Pasar Sidoharjo,” terangnya.

Pihaknya kemudian melakukan pelacakan dan penelusuran sehingga mendapati tujuh pedagang yang terkonformasi positif Covid-19. “Mereka ada yang berasal dari Kecamatan Jatisrono, Sidoharjo dan Girimarto tetapi beraktivitas di Pasar Sidoharjo,” imbuhnya.

Pelacakan dan penelusuran dilanjutkan hingga kalangan keluarga. Hasilnya, ada tambahan kasus positif Covid-19, sehingga jumlah total yang terkonfirmasi positif dari klaster Pasar Sidoharjo itu sebanyak sepuluh orang. Sebagian besar tidak menunjukkan gejala gangguan kesehatan, namun ada yang dirawat di rumah sakit karena mempunyai penyakit penyerta.

Penutupan pasar akan diawali dengan sosialisasi kepada warga pasar, Sabtu-Minggu (7-8/11). Pedagang masih diberi kesempatan untuk membersihkan barang dagangannya hari Senin (9/11) karena hari itu juga akan dilaksanakan penyemprotan desinfektan. “Hari Minggu masih boleh berdagang, tetapi dengan pengawasan ketat, harus memakai masker dan cuci tangan. Yang tidak memakai masker diminta pulang,” katanya.

Tes Swab juga akan dilaksanakan kepada sekitar 500 orang warga pasar di kantor Kecamatan Sidoharjo, hari Senin (9/11). Seluruh warga pasar diminta ikut tes tersebut. Pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 diminta melakukan karantina mandiri. (Sam-Mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *