Di Karanganyar, Pasar Masih Lesu UKM Tak Patah Arang

Ketua ICSB Kecamatan Karanganyar Hendro Kristianto (Raymond)

 

FOKUSLINTAS.com — Pertumbuhan UKM di Kabupaten Karanganyar melambat selama pandemi Covid-19. Hal itu sejalan belum ramainya pasar.

“Barangnya ada tapi penjualan belum banyak. Omzet tidak sama seperti sebelum pandemi. Pasar kurang bergairah. Tapi ini sudah lebih baik dibanding awal pandemi yang semuanya lesu,” kata Ketua Council For Small Business (ICSB) Kecamatan Karanganyar Kota, Hendro Kristianto usai pelantikan pengurus periode 2020-2022 di Karanganyar, Selasa (10/11).

Pengusaha peternakan ayam petelur ini mengakui pasar belum pulih seperti sedia kala. Fakta ini tak boleh membuat kalangan pengusaha ikut terpuruk. Sebisa mungkin pelaku UKM yang menjadi penggerak utama perekonomian di Karanganyar harus bertahan. Caranya dengan terus menawarkan produk-produknya lewat berbagai saluran. Saat ini, jual beli produk milik anggota ICSB selain secara konvensional juga melalui daring.

“Karena berbagai pembatasan, akhirnya jual beli ICSB salah satunya mengandalkan pameran dan via WA,” katanya.

ICSB bergerak di grub WA organisasinya di tingkat kabupaten hingga 17 kecamatan.

Hendro menghitung penurunan omzet masih di level 40-50 persen. Peran pemerintah tergolong bagus, namun belum berhasil memulihkan pagebluk. Adapun fasilitasi itu seperti membuka lapak jualan UKM di sejumlah klaster jualan.

Korwil ICSB Karanganyar, Joko Sutrisno mengatakan pertumbuhan UMKM paling kentara pada kuliner. Di masa pandemi Covid-19, pemilik usaha perlu cerdas melakukan promosi.* (Tim-Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *