OPINI: Sudah Saatnya Negara dan Pemerintah Melakukan Pengawasan Terhadap Ormas yang Mengganggu Stabilitas Keamanan Nasional

Oleh: BRM. Kusumo Putro SH. MH (Foto: Ist)

 

FOKUSLINTAS.com – Selamat siang saudara saudari ku sekalian. Negara Indonesia adalah Negara Demokrasi, kebebasan berkumpul dan menyampaikan pendapat di muka umum yang dilindungi oleh Undang-undang termasuk membentuk Organisasi Kemasyarakatan atau Ormas.

Namun demikian Pengawasan terhadap organisasi kemasyarakatan dewasa ini belum efektif, hal ini terlihat dengan semakin maraknya gerakan-gerakan ekstrimis yang berkedok organisasi kemasyarakatan, sehingga sudah saatnya negara dan pemerintah segera melakukan pembahasan untuk melakukan rekontruksi hukum dan peraturan terkait pelaksanaan sistem pengawasan organisasi kemasyarakatan yang berbasis nilai keadilan.

Oleh karena itu maka sebaiknya pemerintah segera membentuk Tim Pengawas Ormas Terpadu mulai dari tingkat daerah dan provinsi sampai pusat dalam rangka Pengawasan Organisasi Kemasyarakatan secara periodik, efektif dan terorganisir dengan baik dan profesional.

Sejak era reformasi, kebebasan demokrasi dan menyatakan pendapat di depan umum tidak dapat dibendung dan akibat lemahnya sistem Pengawasan Ormas di negara kita selama ini, maka keberadaan Ormas justru bisa mengakibatkan gangguan stabilitas keamanan nasional serta terlanggarnya amanat dan pengamalan sila-sila dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa dan sumber segala sumber hukum di negeri Indonesia tercinta ini.

 

*Salam Untuk Para Pecinta Negeri*

*Jangan Pernah Khianati Bangsa dan Negaramu*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *