Kasus Dugaan Korupsi Dana KONI, Kejagung Periksa Tujuh Saksi

Source: infopublik.id

 

FOKUSLINTAS.com – Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa tujuh saksi perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) bantuan dana pemerintah kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat pada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora RI) Tahun Anggaran 2017.

“Tim jaksa penyidik memeriksa saksi-saksi yang diduga mengetahui aliran uang atau dana bantuan pemerintah kepada KONI Pusat dan penggunaannya berupa honor rapat dan uang pengganti transport dalam kegiatan yang dilaksanakan KONI Pusat tahun 2017,” ujar Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono dalam keteranganya, Kamis (26/11).

Tujuh saksi yang diperiksa adalah Direktur PT. Grand Osaka Edward Bujang, AsistenManager Asset Yayasan Pertamina Foundation Tahun 2017 Narto Presdianto, Manager Cabor Layar Markus Othinel Mamahit, Pelatih Cabor Panjat Tebing Indonesia Rachmat Sofyan, Account Manager PT. Karakter Indonesia Jonathan, Saiful Bahri, dan Hermanta Tarigan.

Pemeriksaan ketujuh saksi diperlukan setelah Penyidik dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melakukan koordinasi yang ditindaklanjuti dengan surat BPK RI tanggal 08 Mei 2020.

Hal ini guna mengembangkan pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan bukti-bukti penyimpangan yang terjadi dalam pemberian bantuan dana KONI Pusat Tahun 2017 tersebut.

Dengan adanya pemeriksaan para saksi, ia menegaskan bahwa penanganan kasus ini masih terus berjalan, dan hingga saat ini masih dalam proses untuk mengumpulkan bukti dan proses perhitungan kerugian keuangan negara oleh BPK RI.

Kasus bermula ketika Pemerintah melalui Kemenpora memberikan bantuan dana kepada KONI Pusat sebesar Rp25 miliar pada Desember 2017 untuk pembiayaan program pendampingan, pengawasan, dan monitoring program peningkatan prestasi olah raga nasional menuju Asian Games 2018.

Dalam pelaksanaannya diduga terjadi penyimpangan penggunaan dan pengelolaan dana yang dilakukan oknum pihak Kemenpora dan oknum KONI Pusat sehingga mengakibatkan kerugian negara.* (Tim-Han)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *