Dishub Solo Luncurkan Layanan Drive Thru untuk Uji KIR Kendaraan

Warga melakukan penyemprotan disinfektan di kampung. (Dok/Tim)

 

FOKUSLINTAS.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Solo meluncurkan inovasi terbarunya dengan model Drive Thru untuk pengujian kendaraan. Inovasi tersebut bagian dari pengembangan dari E-Uji layanan KIR yang sudah berjalan lama.

“Layanan Drive Thru ini merupakan penyempurnaan dari E-UJI layanan KIR yang sudah kami jalankan dimulai sejak 2018 lalu,” ujar Kepala Bidang Pengujian dan Perbengkelan, Dishub Solo, Joko Pramono, Sabtu (28/11).

Dikatakannya, dengan pendaftaran pengujian kendaraan yang sebelumnya masih membutuhkan waktu untuk menunggu kini jauh lebih cepat dan efisien. Dengan layanan Drive Thru pemilik kendaraan tak perlu turun dari armada yang hendak di uji.

“Warga mendaftar sekarang bisa dengan cukup mendownload aplikasi E-KIR Solo, dari sana bisa mendaftar dan mengurus administrasinya,” kata dia.

Semua pembayaran uji KIR, lanjut dia, dilakukan secara cashless. Setelah itu tinggal datang untuk ke kantor menguji kendaraan fisik. Sebelumnya, meski masyarakat sudah menggunakan E-KIR, layanan pengujian masih memakan waktu selama proses berlangsung.

“Guna memangkas waktu yang terbuang dan agar lebih efisien, kami luncurkan layanan Drive Thru Pengujian ini,” kata dia.

Ia berharap inovasi ini bisa membantu memudahkan warga melakukan uji KIR. Perbedaan paling menonjol antara layanan pengujian yang sebelumnya dengan yang terbaru ini adalah keberadaan smart card.* (Tim-Mei)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *