Pemkot Solo Longgarkan Aturan Hajatan untuk Dorong Ekonomi

Ilustrasi | dok Favehotel Solo

 

FOKUSLINTAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melonggarkan aturan penyelenggaraan hajatan selama masa pandemi Covid-19. Dalam aturan baru yang dituangkan di Surat Edaran (SE) Walikota Solo No 067/2969.1, penyelenggara boleh menyajikan makanan secara ladosan atau dikenal dengan istilah piring terbang.

“Kita longgarkan karena ada permintaan dari masyarakat. Ternyata aturan yang kemarin dampak ekonominya terlalu berat bagi warga,” kata Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Solo, Ahyani saat dihubungi melalui telefon, Sabtu (28/11).

Sebelumnya, Pemkot melalui SE Wali Kota Solo No. 067/2739.1 sempat melarang makanan disajikan selama hajatan berlangsung. Konsumsi harus diberikan dalam bentuk nasi kotak untuk dibawa pulang. Pemkot juga melarang adanya standing party atau penyajian secara prasmanan.

“Untuk prasmanan tetap tidak boleh. Jadi yang dibolehkan cuma ladosan saja,” katanya.

Lebih lanjut, makanan tidak boleh dibagikan dengan cara lantingan. Di mana satu tamu menyalurkan ke tamu di sebelahnya. Pramusaji harus menyerahkan secara langsung makanan kepada tamu satu per satu.

“Makanannya pun harus ditutup dengan plastik wrap. Termasuk sendok dan garpunya,” katanya.

Meski ada relaksasi aturan dalam penyajian makanan di hajatan, Ahyani menekankan bahwa protokol kesehatan tetap harus diperhatikan selama acara berlangsung.

Penyelenggara harus menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak antar tamu. Jumlah tamu pun dibatasi maksimal 300 orang untuk acara resepsi dan 150 orang untuk acara lainnya.

“Durasi acara juga kita batasi maksimal 2 jam,” katanya.

Selain itu, aturan terkait penyelenggaraan acara di Solo tetap berlaku seperti sebelumnya. Hiburan berupa musik boleh diadakan dengan syarat tidak ada kontak dekat antara artis dan tamu.

“Jadi tamu tidak boleh ikut nyanyi. Kan biasanya kalau orang punya kerja ada tamu yang pengen nyumbang suara. Itu tidak boleh,” katanya.* (Tim-Mei)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *