Menyatakan “SAH”, PKS Putuskan Golput di Pilwakot Solo

PKS menyatakan sikap Golput di Pilwakot Solo (dok/tim)

 

FOKUSLINTAS.com — Pemilihan walikota (Pilwakot) Solo tinggal menyisakan waktu lima hari lagi. DPD PKS Solo akhirnya memutuskan sikap abstain atau Golput alias tidak memberikan hak suara pada kedua pasangan calon (Paslon) Pilwakot Solo pada 9 Desember.

“Kami telah selesai melakukan survei internal dengan melibatkan Litbang (Lembaga Penelitian dan Pengembangan) DPD PKS Kota Solo,” ujar Ketua DPD PKS Kota Solo Abdul Gofar Ismail, Jumat (4/12).

Hasil survei 400 responden pemilih PKS Solo, kata dia, PKS telah menentukan sikap untuk abstain pada Pilkada 2020. Survei dilakukan bulan September hingga November.

“Hasil komunikasi dengan tokoh di Solo yang juga menjadi pemilih PKS mendukung sikap Golput ini,” kata dia.

Gofar mengatakan, hasil durvei sebanyak 54 persen responden menyatakan abstain. Dari hasil ini pula akhirnya PKS memutuskan untuk abstain. Meskipun dengan abstain ini PKS terkesan tidak ingin ikut campur dalam Pilkada.

“Kalau pakai kata Golput kan kesannya seperti yang paling bersih, makanya kami ingin menggunakan kata abstain,” katanya.

Ia mengakui masih ada sebanyak 24 persen responden belum menyatakan pilihannya. Kemudian 22 persen ini sudah memilih, sebanyak 14 persen memilih pasangan Gibran-Teguh, dan 8 persen memilih pasangan Bajo.

“Keputusan ini sudah final sesuai komitmen partai yang tidak ingin mengecewakan pemilih PKS pada Pileg 2019 mencapai 37.000 suara,” tutup dia.* (Tim-Heri)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *