Seluruh Petugas Pemilu Sukoharjo Dirapid Tes

FOTO ILUSTRASI

 

FOKUSLINTAS.com – Seluruh penyelenggara di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah telah menjalani rapid tes Covid-19. Mereka adalah petugas yang akan melayani pemilih pada tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam pilkada Sukoharjo, terdapat 12.425 kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) dan 3.550 petugas ketertiban atau Trantib TPS. Sehingga total ada 15.975 orang menjalani rapid tes secara bertahap.

Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo, Nuril Huda mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu laporan hasil tes dari petugas kesehatan Satgas Covid-19. Namun secara keseluruhan, hasil tes ini menjadi ranah satgas terkait penerapan tata laksana protokol kesehatan, apabila memang ditemukan kasus reaktif atau positif.

“Yang jelas inti dari kegiatan ini adalah untuk memastikan dan menjamin petugas dan pelaksanaan pilkada nanti aman dan nyaman bagi warga. Kaitannya dengan protokol kesehatan Covid-19,” jelas Nuril.

Saat ditanya apakah jika ada petugas yang dinyatakan positif bisa diganti, menurut Nuril, wewenang KPU adalah pada bidang administrasi, jika ada petugas pemilu yang mengundurkan diri, maka wajib segera ada penggantinya. Sedang kalau ada yang reaktif ditindaklanjuti gugus tugas, tidak ada ketentuan diganti.

Yang jelas, proses rapid tes memang dilakukan secara bertahap untuk menghindari terjadinya kerumunan saat dilakukan pemeriksaan. Sedangkan laporan hasil rapid tes diberikan secara akumulatif sehingga saat ini belum bisa disimpulkan.

“Masih dalam proses pemeriksaan dari 26 November – 4 Desember nanti,” kata dia.

Terkait dengan logistik, hingga saat ini pihaknya tinggal menunggu kedatangan kiriman formulir hologram. Untuk logistik yang lain sudah tidak ada masalah. (hs-Sam)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *