Mempunyai Teman Munafik Itu Berbahaya, Selain Menikam di Belakang Juga Berpengaruh Buruk Bagi Kehidupan Kita

 

FOKUSLINTAS.com – Di dalam berteman tentunya kita harus pandai-pandai dalam memilih teman/sahabat. Hal ini dikarenakan teman/sahabat tersebut bisa saja berpengaruh untuk kehidupan kita.

Teman yang baik tentunya akan memberikan pengaruh yang baik pada hidup kita, begitupun sebaliknya. Memiliki teman yang buruk tentu juga dapat memberikan pengaruh yang buruk untuk kita.

Jika seperti ini, tentunya kita tidak ingin bukan, bila mendapatkan teman yang buruk?

Salah satu teman yang bersifat tidak baik adalah ketika memiliki sifat munafik. Biasanya teman seperti ini hanya akan berpura-pura baik di depan kita namun akan berlaku sebaliknya di belakang kita. Untuk itu akan lebih baik bila kita menghindari teman-teman seperti ini.

Lalu bagaimana cara mengetahui ciri-ciri teman yang bersifat munafik? Berikut ini beberapa penjelasannya:

1. Sangat Dekat Dengan Kita

Sebenarnya tak semua teman yang dekat dengan kita akan memiliki sikap munafik, namun bisa saja salah satu diantaranya akan berlaku seperti ini.

Teman yang munafik akan selalu berusaha untuk lengket dengan kita. Tentunya hal ini dilakukan untuk mencari-cari informasi seputar kita. Bahkan membuat kita berbicara banyak mengenai kehidupan kita.

2. Suka Bergosip

Salah satu teman yang memiliki sifat munafik adalah ketika dia memiliki hobi suka bergosip.

Teman yang bersifat munafik, akan selalu mencoba bersikap dan berkata baik bahkan hingga memuji didepan kita.

Namun bila kita tidak ada, maka mereka akan selalu menceritakan hal-hal mengenai keburukan kita di depan teman-teman yang lainnya. Dia hanya memanfaatkan pertemanan dengan kita untuk mengorek informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan gosipnya saja. Menyebalkan bukan?

3. Bermuka Dua

Teman yang munafik tentunya akan memiliki sikap bermuka dua. Saat bersama dengan kita, dia akan berusaha untuk menjelek-jelekkan teman kita yang lain.

Namun bila tidak bersama dengan kita, maka dia akan berbalik untuk mengejek kita di depan teman-teman yang lain. Teman yang bersikap muka dua seperti ini tentunya akan sangat sulit untuk dikenali, karena mereka akan pintar sekali bersandiwara. Untuk itu kita harus selalu waspada.

4. Ingkar Janji

Hal lainnya yang bisa kita perhatikan pada teman-teman yang bersikap munafik adalah sifatnya yang selalu ingkar janji.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mereka akan selalu berusaha untuk membuat kita bercerita mengenai kehidupan kita. Dan setelah kita bercerita, mereka selalu berjanji untuk tidak menceritakan hal-hal tersebut dengan orang lain.

Namun hal ini akhirnya mereka ingkari pula. Setelah beberapa saat kita bercerita, mereka malah mengumbar cerita-cerita kita kepada orang lain sehingga membuat kita menjadi pergunjingan orang lain.

Untuk itu, akan lebih baik bila kita lebih berhati-hati ketika ingin curhat dengan orang lain. Pilihlah teman yang memang benar-benar bisa dipercaya.

5. Mencari Keuntungan Dari Saja

Hal lainnya yang sering terlihat dari teman-teman yang munafik adalah ketika mereka hanya menginginkan keuntungan dari pertemanan dengan kita.

Misalnya saja, dia ingin berteman dengan kita hanya untuk mendapatkan tumpangan ketika akan menggapai sesuatu saja. Namun ketika kita tak bisa memberikan sarana, mereka bisa saja malah meninggalkan kita. Tidak berusaha untuk menemani ataupun membantu kita.

Teman yang munafik hanya akan dekat dengan kita ketika ada keinginan saja. Setelah keinginannya dapat tercapai, maka bisa saja dia menghilang tidak jelas. Dan mungkin saja akan kembali lagi ketika sedang membutuhkan pertolongan kita.

6. Suka Menfitnah

Tak hanya mengumbar cerita-cerita kita, bahkan mereka yang memiliki sifat munafik akan melebih-lebihkan cerita kita kepada orang lainnya agar cerita kita tampak lucu dan mengesankan bahwa dia mengetahui semuanya tentang kita. Tentunya ini akan sangat merugikan kita bukan..?

7. Senang Tapi Kesal

Teman yang munafik terlihat akan sangat senang pada saat kita mendapatkan kesuksesan. Namun sebenarnya dalam hati, mereka akan sangat kesal bahkan tak menyukai bila kita mendapatkan kesuksesan.

Meskipun didepan kita, mereka akan mengucapkan selamat dan bahkan memberikan pujian. Namun dibelakang kita, mereka bisa menyebarkan hal-hal yang tak benar tentang kita misalnya saja menuduh anda curang, korupsi, dan lainnya.

8. Pengkhianat

Meskipun didepan mereka akan terlihat sangat dekat dengan kita. Namun sebenarnya itulah cara halus mereka untuk mencari apa saja yang menjadi kelemahan kita.

Bahkan setelah mengetahui hal-hal tersebut, mereka akan merebut hal-hal yang menjadi miliki kita seperti teman, sahabat, pacar, pekerjaan, dan hal-hal lainnya yang menjadi kebanggaan kita.

9. Ikut Campur Urusan Pribadi Kita

Beberapa dari kita mungkin terkadang membutuhkan bantuan teman untuk mengatasi masalah pribadi yang kita punya.

Hal ini sebenarnya pun sah-sah saja, apalagi jika teman tersebut memang sudah kita percaya dari lama. Lalu bagaiamana jika teman kita bersikap munafik? Mereka akan selalu berusaha untuk ikut campur dalam urusan pribadi kita, bahkan tanpa kita memintanya. Hal ini tentunya akan membuat kita merasa terganggu.

10. Mematahkan Semangat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, teman yang bersifat munafik tentunya tidak ingin bila kita mendapatkan kesuksesan dan keberhasilan. Sehingga salah satu upaya agar mereka tidak merasa tersaingi adalah dengan mematahkan semangat yang kita miliki untuk meraih kesuksesan.

Biasanya mereka akan berdalih seakan sedang memberi nasehat untuk kita, namun nyatanya pembicaraan mereka hanya upaya untuk membuat kita takut untuk melangkah kedepannya.

11. Mulai Menjauh

Salah satu hal yang paling terlihat dari teman yang bersifat munafik adalah mereka akan mulai menjauh ketika sudah mendapatkan ataupun mengetahui hal-hal apa yang ingin mereka ketahui dari diri kita.

Setelah kita hancur dan terpuruk, mereka tidak akan berusaha menemani malah akan meninggalkan begitu saja. Seperti kata pepatah, “Habis manis sepah dibuang”.

Nah itu tadi beberapa ciri-ciri teman munafik yang perlu kita jauhi. Berteman dengan orang-orang seperti ini malah akan membuat kita rugi kedepannya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk semua.

(Dwiyan-Bletok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *