Walang Goreng di Kenal Rasanya Gurih, Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan Lho?

Bikin Ketagihan, Walang Goreng Selain Gurih Juga Banyak Manfaatnya. Foto : (ist)

 

FOKUSLINTAS.com – Diketahui banyak orang yang merasa takut ataupun jijik jika bertemu serangga. Maka tak jarang bila orang takut bertemu serangga, salah satunya adalah belalang dalam bahasa jawa disebut Walang.

Bagi warga wilayah Kabupaten Sragen sekitarnya ternyata Walang tidak menjadikan sebagai musuh. Banyak dari warga justru mengolahnya menjadi makanan yang lezat. Jika mengunjungi daerah Gemolong, biasanya dekat area pom bensin Godegan disitu menjual salah satu panganan khas yaitu walang goreng.

Kemudian warga Sragen, belalang dijadikan sebagai makanan favorit bahkan pengganti ayam, daging atau sebagainya. Bahkan Belalang sendiri dipercaya memiliki banyak manfaat.

Selanjutnya tak jarang pula pembeli merasa ragu khususnya orang awam, namun bagi yang telah mencicipinya mengakui bahwa belalang goreng memang benar-benar lezat. Perpaduan rasa gurih, krispi begitu menggoda sehingga membuat ketagihan para penikmatnya.

Sumber yang diketahui bahwa Belalang dapat menjadikan sumber makanan alternatif karena tingginya kadar protein dan nutrisi lainnya.

Lantas, apa saja manfaat dari belalang goreng ini? Berikut manfaat belalang goreng yang dilansir fokuslintas.com dari berbagai sumber:

Bermanfaat mampu mencerdaskan otak

Belalang goreng mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk kecerdasan otak. Apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tubuh anak-anak akan menyerap protein lebih banyak sehingga kebutuhan saraf yang terpenuhi menyebabkan anak mudah menyerap informasi.

Dapat meremajakan kulit

Kandungan protein yang tinggi dipadukan dengan vitamin E yang juga banyak terdapat dalam daging belalang, dipercaya sebagai obat yang ampuh untuk meremajakan kulit. Buat kamu yang sudah menginjak kepala dua, belalang goreng dapat menjadi alternatif perawatan kulit kamu dari dalam.

Mampu merawat kesehatan tulang dan gigi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, belalang goreng mengandung kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan. Kandungan inilah yang berfungsi untuk merawat kesehatan tulang dan gigi.

Oleh karena itu, kepadatan tulang dan gigi akan terawat dengan baik, bahkan dapat mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil. Konsumsi yang dilakukan secara jangka panjang juga disinyalir mampu mencegahmu dari osteoporosis.

Menjadikan positif untuk perkembangan janin

Protein, kandungan mineral dan vitamin yang lengkap serta asam lemak esensial yang terkandung dalam belalang goreng dapat membantu perkembangan janin dalam perut ibu.

Namun, sebelum ibu hamil mengonsumsinya, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai porsi yang pas sesuai kebutuhan janin.

Mampu menurunkan kolesterol

Kolesterol dalam darah yang menumpuk dapat menyebabkan plak di dinding arteri dan akhirnya menjadi penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Oleh karena itu, dalam satu ekor belalang goreng yang mengandung protein yang tinggi namun rendah kolesterol adalah solusi tepat bagi kamu yang mempunyai masalah dengan kolesterol. (Awi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *