Buang Waktu Sia-sia, Bahaya Kesehatan di Balik Gaya Hidup Anak Muda yang Doyan Nongkrong

Bahaya Kesehatan di Balik Gaya Hidup Anak Muda. Source: Antara. View non-AMP version at fokuslintas.com

 

FOKUSLINTAS.com – Mengikuti gaya hidup anak muda jaman sekarang memang mengasyikan. Nongkrong, ngobrol dan makan ditempat yang kekinian. Namun dibalik gaya hidup seperti itu ada bahaya kesehatan yang mengancam.

Ahli Gizi Rumah Sakit PMI Bogor, Jawa Barat, dr Niken Churniadita K mengatakan gaya hidup kebanyakan anak muda saat ini adalah gaya hidup yang cenderung tidak sehat.

Hal ini dipicu dengan banyaknya anak muda yang nongkrong di cafe atau restoran cepat saji, menghabiskan waktu duduk berjam-jam sambil mengkonsumsi minuman bersoda atau kafein, dimana menurut Niken, pola seperti itu bukan cerminan pola hidup sehat.

“Kalau sudah ditambah dengan merokok dan mengkonsumsi alkohol, gaya hidup seperti ini semakin tambah parah,” katanya.

Gaya hidup sehat didukung dengan aktif bergerak atau berolahraga. Bagi pekerja kantoran, aktivitas olahraga kerap terlupakan karena minimnya waktu luang yang tersedia.

“Selama bekerja kebanyakan duduk, tidak aktif bergerak, maka asupan makanan yang kita konsumsi tadi tidak terolah dengan baik maka akan menjadi lemak,” kata Niken.

Gaya hidup yang terpola seperti itu, bisa menimbulkan obesitas di kemudian hari. Sementara untuk mencegah obesitas, lanjutnya, sangat mudah, diperlukan komitmen dan kemauan yang kuat untuk menjalankan pola hidup yang sehat dengan makan gizi seimbang.

“Olah raga teratur tidak harus nge-gym. Dengan meluangkan waktu bergerak entah itu naik turun tangga atau berjalan kaki selama 30 menit tanpa jeda itu sama dengan olah raga. Asal tidak ada jeda, berkelanjutan selama 30 menit setiap hari,” katanya.

Niken menambahkan, banyak pasien obesitas yang datang sudah disertai dengan penyakit penyertanya seperti diabetes, hipertensi dan gangguan lainnya.

“Yang datang tidak hanya usia lanjut, ada juga yang masih muda. Alasan kenapa mereka obesitas sama, karena pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak sehat juga,” katanya.* (Memet)

 

Editor: Adm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *